Sabtu, 18 Mei 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Akademisi Apresiasi Bawaslu Kota Serang dan Dorong Penerapan Restorative Justice dalam Penyelesaian Sengketa Pemilu

and

| 4 Maret 2023

| 13:51 WIB

Akademisi Fakultas Hukum
Dekan Fakultas Hukum Universitas Primagraha, Fathullah (kiri) bersama Dekan Fakultas Hukum Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Agus Prihartono PS (kanan) usai menghadiri sosialisasi Implementasi non Peraturan Bawaslu pada Pemilu tahun 2024 di salah satu Hotel di Kota Serang, Sabtu (4/3/2023). (FOTO: ESIH/EKBISBANTEN.COM).

Menurutnya, hal itu penting dilakukan. Karenanya, Agus meminta proses tersebut bisa disahkan di Pusat sehingga restorative justice dalam Pemilu itu bisa menjadi salah satu pilihan.

“Penyelesaian masalah sengketa Pemilu itu kan harus cepat karena waktunya singkat. Solusinya apa? Restorative justice,” ungkapnya.

“Sehingga kita hanya diharuskan membuat regulasi maupun petunjuk teknis dan berkoordinasi dengan fasilitatornya yakni Gakkumdu,” sambung Agus.

Senada dengan Dekan FH Untirta, Dekan FH Universitas Primagraha (UPG) Fathullah mendorong penerapan restorative justice dalam penyelesaian sengketa Pemilu.

Ia menyebut dengan diterapkannya restorative justice tersebut dapat memberikan pelayanan terbaik bagi stakeholder peserta Pemilu.

“Tentu restorative justice ini mempercepat efisiensi dan efektifitas penyelesaian permasalahan sengketa Pemilu, karena itu kami mendorongnya,” pungkasnya.***

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Scroll to Top