Sabtu, 18 Mei 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Untirta Tak Kritik Jokowi di Pilpres 2024, Alumni: Saya Kecewa

Budi Man

| 7 Februari 2024

| 16:00 WIB

Alumni Fakultas Hukum Untirta Muhamad Fauzi. Foto: Dokumentasi Fauzi.

“Seharusnya bisa menjadi pihak yang bisa mencerahkan masyarakat dan menyuarakan secara akademis, memberikan sikapnya secara independen agar presiden mencontohkan berdemokrasi secara sehat,” ujar Praktisi Hukum yang berkarir di Jakarta itu. 

Seharusnya juga, Untirta sebagai Perguruan Tinggi Negeri yang menjadi barometer pendidikan di Banten, perlu menunjukkan sikapnya yang kritis, tak membeo membebek pada kekuasaan. 

Lebih jauh, ia dengan berani mengatakan bahwa ada main mata antara Untirta dan penguasa. Hal itu tak boleh dilakukan oleh Untirta, terlebih bantuan-bantuan pembangunan fasilitas kampus pimpinan Prof Fatah Sulaiman itu berasal dari uang rakyat. 

“Jangan-jangan ada sesuatu yang salah. Jangan-jangan ada yang tersandera kasus tertentu, sehingga takut menyuarakan bahwa ada sesuatu yang sudah melenceng dari koridor demokrasi, kan itu menjadi tanda tanya,” tegasnya. 

“Jangan karena sebelumnya ada bantuan pembangunan terus Untirta jadi bungkam dan main aman, lebih jauh dari itu masa depan bangsa lebih penting. Jangan berlindung di balik Tridarma perguruan tinggi, ingat di Tridarma itu poin terakhir, ada pengabdian kepada masyarakat, bukan kepada pemerintah,” pungkasnya. 

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Scroll to Top