Minggu, 16 Juni 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Subsektor Kawasan Industri Jadi Idaman Selama Pandemi

Raden Warna and

| 1 Maret 2023

| 15:00 WIB

Ilustrasi pergudangan. (Foto/REI)

Sementara itu, lima sektor yang masih berpotensi dan berlanjut menyerap lahan diantaranya data center, chemical, synthetic leather & shoes, logistic, dan building material.

“Data Center menjadi yang paling menarik dengan permintaan dan serapan lahan yang terus bertambah,” kata Sari.

Toni Peredina, Property and Engineering Management, Knight Frank Indonesia menga-takan dalam dua tahun terakhir, data center memang mendominasi serapan lahan industri di koridor timur.

Secara teknis, pengelolaan ruang dan manajemen risiko untuk lahan atau bangunan yang dimanfaatkan oleh data center haruslah berdasarkan standarisasi Health, Safety and Environtment (HSE) yang ketat.

“Hal ini penting karena data center dengan kualitas internasional yang memiliki tier 4 hanya boleh memiliki downtime 30 menit sela-ma setahun atau uptime sebanyak 99,995 persen dalam setahun,” jelas dia.

Saat ini, prospek penggunaan data center di Jakarta tergolong tinggi di Asia Tenggara yaitu 5,6 MW per million capital. Diprediksi tingkat penggunaan akan tumbuh 26% dalam 10 tahun ke depan.

Sebelumnya, Knight Frank Asia Pasifik juga memprediksi bahwa sektor industri terutama logistik dan data center sangat potensial dengan rerata pertumbuhan harga sewa pergudangan modern yang meningkat sekitar 3 persen di paruh pertama 2022 dibanding periode yang sama tahun lalu.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top