Minggu, 16 Juni 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Pelaku Usaha Arab Saudi Berkomitmen Tingkatkan Importasi dari Indonesia, Peluang Ekspor Ikan Hias Terbuka Lebar

and

| 12 Mei 2023

| 08:30 WIB

Kementerian Perdagangan
Duta Besar RI untuk Arab Saudi Abdul Azis Ahmad, Atase Perdagangan KBRi Riyadh bertemu CEO perusahaan hewan peliharaan Pet Oasis Company (POC) Syakir Alghamdi di Riyadh, Arab Saudi. (FOTO: DOK. KEMENDAG).

Sementara, kemampuan ekpor ikan hias air tawar Indonesia untuk ekspor ke seluruh dunia mengalami peningkatan pada tiga tahun terakhir, yaitu tercatat pada 2022 sebesar USD 29,55 juta, pada 2021 sebesar USD 27,85 juta, dan pada 2020 sebesar USD 24,68 juta.

“Peningkatan kemampuan ekspor ikan hias air tawar Indonesia ke dunia diharapkan juga dapat meningkatkan ekspor komoditas tersebut ke Arab Saudi,” jelas Gunawan.

Indonesia merupakan pemasok nomor tiga ikan hias air tawar hidup di dunia ke Arab saudi setelah Australia dan Srilanka. Negara pemasok lainnya adalah Kenya, Swiss, Area Nes, Hongkong, Yordania, Lebanon, Malaysia, Belanda, Filipina, Singapura, Thailand, dan Amerika Serikat.

Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad menambahkan, beberapa perusahaan yang fokus pada bisnis layanan pemeliharaan hewan saat ini banyak menjamur di berbagai kota di Arab Saudi.

“Hal ini merupakan peluang bagi Indonesia untuk dapat meningkatkan ekspor khususnya produk pemeliharaan dan layanan hewan,” urai Abdul Aziz.

CEO PCO Syakir menjelaskan, POC merupakan perusahaan importir komoditas terkait dengan hewan peliharaan yang didatangkan dari berbagai negara.

Misalnya, berbagai perlengkapan produk ikan hias seperti makanan, suplemen atau gizi, perlengkapan dan aksesori, aneka bentuk kandang, sarang/dudukan, akuarium, desain pencahayaan, dekorasi dan aksesori, serta jasa pembersihan dan perbaikan sistem saringan atau filter.

Selain itu, POC juga mengimpor produk untuk pemeliharaan binatang lain seperti burung, anjing, kucing, kelinci, dan reptil.

“Saat ini POC telah memiliki jaringan klinik dan toko cabang yang tersebar di tiga kota di Arab Saudi, yaitu dua cabang di kota Riyadh, dua cabang di Jeddah, dan satu cabang di Alkobar.

Layanan klinik POC antara lain layanan medis berkelanjutan, pengobatan luka dan patah tulang pada hewan peliharaan, penyedia vitamin, dan vaksinasi hewan,” pungkas Syakir.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top