Minggu, 16 Juni 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Pelaku Usaha Arab Saudi Berkomitmen Tingkatkan Importasi dari Indonesia, Peluang Ekspor Ikan Hias Terbuka Lebar

and

| 12 Mei 2023

| 08:30 WIB

Kementerian Perdagangan
Duta Besar RI untuk Arab Saudi Abdul Azis Ahmad, Atase Perdagangan KBRi Riyadh bertemu CEO perusahaan hewan peliharaan Pet Oasis Company (POC) Syakir Alghamdi di Riyadh, Arab Saudi. (FOTO: DOK. KEMENDAG).

EKBISBANTEN.COM – Peluang Ekspor ikan hias terbuka lebar setelah pelaku usaha Arab Saudi berkomitmen meningkatkan importasi dari Indonesia.

Hal itu diungkapkan oleh Atase Perdagangan KBRI Riyadh Gunawan dalam rilis yang dikutip Ekbisbanten.com, Jumat (12/5/2023).

Pelaku usaha Arab Saudi akan meningkatkan transaksi pembelian ikan hias dari Indonesia. Ini peluang sangat besar bagi pelaku usaha ikan hias di tanah air,” katanya.

Adapun hal tersebut mengemuka usai Duta Besar RI untuk Arab Saudi Abdul Azis Ahmad, Atase Perdagangan KBRi Riyadh bertemu CEO perusahaan hewan peliharaan Pet Oasis Company (POC) Syakir Alghamdi di Riyadh, Arab Saudi.

Menurut Gunawan, hewan peliharaan yang tidak dilarang untuk diekspor ke luar negeri perlu terus ditingkatkan.

Dari pertemuan bisnis tersebut, selain hewan peliharaan, POC juga akan mengimpor perlengkapan dan potensi jasa tenaga ahli dokter hewan Indonesia ke Arab Saudi.

“Potensi ekspor hewan peliharaan termasuk ikan hias air tawar sangat besar mengingat Indonesia sebagai negara tropis dan sebagian besar wilayahnya perairan. Indonesia mempunyai sumber daya hewan peliharaan yang sangat bervariasi dan dalam jumlah yang besar,” ungkapnya.

Gunawan menyampaikan, budi daya ikan hias air tawar di Indonesia banyak melibatkan peternak dengan skala usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Untuk itu, pemerintah, kementerian/lembaga, pemerintah daerah, serta asosiasi perlu meningkatkan kompetensi para peternak dan kapasitas produksi budidaya ikan hias air tawar melalui skema integrasi dengan agregator yang dapat mendorong peningkatan ekspor bagi pelaku UMKM,” jelasnya.

Berdasarkan data statistik perdagangan, ekspor ikan hias Indonesia ke Arab Saudi pada 2022 sebesar USD 132 ribu.

Nilai ini menurun dibandingkan tahun 2021 yang sebesar USD 344 ribu akibat pandemi Covid-19 dan kenaikan tiga kali lipat pada ongkos pengiriman (shipping cost).

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top