Mahasiswa Untirta Ikuti Program Latihan Profesi di Dinsos Banten

Pendidikan non formal
Agenda Program Latihan Profesi (PLP) Mahasiswa Pendidikan non formal Untirta di Dinas Sosial Provinsi Banten.(Foto/PNF for Ekbisbanten.com)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) jurusan Pendidikan Non Formal mengikuti Program Latihan Profesi (PLP), hal tersebut dilaksanakan dalam rangka memupuk potensi diri serta pembekalan dalam dunia kerja di Dinas Sosial Provinsi Banten, Rabu (6/7/2023).

Dosen Prodi Pendidikan Non Formal Untirta, Moh. Fikri Tanzil Mutaqin mengatakan, mahasiswa pada jurusan Pendidikan Non Formal menargetkan dinas sosial sebagai salah satu tempat untuk belajar dengan melakukan PLP.

“Salah satu output atau luaran profil lulusan yang diharapkan mahasiswa ketika nanti selesai perkuliahan dan menempuh 140 SKS itu mereka bisa menjadi pekerja sosial, itu salah satu profil lulusan kami dan dua diantaranya pendidik sosial dan peneliti sosial,” kata Fikri Tanzil saat mengantarkan para mahasiswa Untirta ke Dinsos Provinsi Banten.

Lebih lanjut Fikri menjelaskan berkaitan dengan hal tersebut, para mahasisawa Untirta khususnya pada Prodi Pendidikan Non Formal banyak yang ingin mendalami ilmu di Dinsos Banten.

“Memang ini erat kaitannya kalau kita lihat di dinas sosial banyak sekali rekan-rekan kami yang akan pelajari dan dalami, sehingga ketika nanti selesai dari proses PLP ini atau selesai dari perguruan tinggi atau lulus mereka memiliki keterampilan dan potensi yang diterapkan oleh dunia industri dan dilapangan sebagai pekerja sosial. Karena memang di dinas sosial juga banyak fungsional-fungsional seperti PKH yang terjun langsung ke masyarakat, lalu ada aktivitas rehabilitasi dan jaminan sosial yang itu sangat erat kaitannya dengan kurikulum kami,” katanya.

Momen tersebut menjadi sangat baik, ditengah minnimnya kegiatan praktik secara langsung, di Untirta termasuk di jurusan Pendidikan non formal mahasiswa tidak banyak melakukan praktik dan aktivitas langsung yang berkaitan dengan fakta dan fenomena dilapangan.

Editor :Rizal Fauzi

Tags

Bagikan Artikel

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Scroll to Top