Hari Keempat Ganjil Genap, Ratusan Wisatawan di Carita Diputar Balikan

13
Petugas Kanit Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Polsek Carita saat memutbalikan pelanggar aturan ganjil genap. Dok/Istimewa

PANDEGLANG, EKBISBANTEN.COM – Polres Pandeglang sudah memberlakukan aturan ganjil genap khususnya di kawasan wisata Kabupaten Pandeglang.

Kanit Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) pada Satlantas IPTU Sukoyo mengatakan, bahwa dalam kurun waktu 4 hari, pihaknya telah mencatat sedikitnya ada 200 kendaraan yang diputarbalikan karena melanggar peraturan ganjil genap di Kabupaten Pandeglang.

“Untuk ganjil genap kita laksanakan di Pos Carita, kurang lebih sudah ada 200 kendaraan yang kita putar balikan,” kata Sukoyo, Selasa (28/12).

Sukoyo melanjutkan, peningkatan mobailisasi kendaraan terjadi pada saat libur Natal kemarin. Sehingga banyak kendaraan yang diputarbalikan karena melanggar atuean ganjil genap yang diterapkan pada tanggal tersebut.

“Yang paling ramai itu pas waktu hari Minggu, jalur menuju wisata Carita sempat mengalami peningkatan mobailisasi kendaraan, sehingga tidak sedikit yang kita putar balikan,” ungkapnya.

Sukoyo juga menjelaskan, bahwa pemberlakuan ganjil genap ini sebagai tindaklanjut dari Instruksi Mentri Dalam Negri (Inmendagri) nomor 66 tahun 2021, tentang pencegahan dan penanggulangan corona virus desease 2019, pada saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Kendati demikian, Sukoyo menuturkan bahwa penerapan sistem ganjil genap ini berlaku bagai semua jenis kendaraan, baik itu kendaraan Roda 2 maupun Roda 4. Terkecuali kendaraan Damkar, Ambulance, Tenaga Medis, Kendaraan Dinas TNI/Polri, Angkutan Umum, Angkutan Online, Angkutan logistik dan Kondisi darurat lainnya.

“Berdasarkan Inmendagri nomor 66 tahun 2021, ada beberapa kendaraan prioritas seperti kendaraan Damkar, Ambulance, Tenaga Medis, Kendaraan Dinas TNI/Polri, serta Angkutan Umum dan juga kendaraan – kendaraan Darurat lainnya itu tidak kena ganjil genap,” ujarnya.

Lebih lanjut Sukoyo mengimbau kepada para pengendara untuk tetap mematuhi aturan berlalulintas serta aturan lainnya yang diberlakukan untuk kebaikan bersama.

“Kepada para pengendara patuhilah aturan yang ada, berkendara dengan baik dan benar. Apa yang diarahkan Pemerintah itu untuk kebaikan kita bersama,” imbaunya.***