Jumat, 14 Juni 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Filosofi Ketupat: Dari Lebaran, Luberan Sampai Leburan dan Laburan

M. Chairul Arifin

| 18 April 2024

| 13:06 WIB

Ilustrasi filosofi ketupat. (Foto: Dok. Ekbisbanten.com)

Sedangkan filosofi dari ketupat, adalah Kiblat Papat Lima Pancer. Artinya dari keempat sisi ketupat menunjukkan arah mata angin, barat-timur-utara -selatan, dimaknai bahwa kemanapun manusia itu pergi akan kembali kepada Allah SWT. Ketupat yang terdiri dari anyaman janur berarti rumitnya kehidupan sehingga manusia penuh dengan dosa.

Bersisi empat itu dapat diartikan untuk melawan nafsu manusia yaitu nafsu amarah, sifat ermosional, marah yang dapat terjadi setiap saat pada seseorang. Kedua, nafsu aluamah yaitu ingin makan dan memenuhi hasrat laparnya.

Ketiga, nafsu Supiah ingin di sanjung dan memiliki yang indah saja. Dan keempat nafsu Mutmainah nafsu yang mengajak kebaikan dari kehendak dirinya. Oleh karena itu untuk melawan keempat nafsu ini dilakukan melalui puasa selama bulan Ramadhan.

Akulturisasi

Uraian diatas, sebenarnya adalah bentuk akulturasi sebagian nilai Islam pada budaya masyarakat Jawa yg pada waktu itu masih ada pengaruh kuat dari Hindu dan Budha menjadi tradisi Islam. Islam masuk dengan cara yang benar lewat budaya yang sepenuhnya tidak merombak ke arifan lokal masyarakat setempat hanya disesuaikan.

Kita berhutang budi banyak pada Sunan Kalijaga yang tanpa pertumpahan darah memasukkan Islam ke tanah Jawa. Di Madura misalnya, masih sering kita temui penduduk yg merayakan Hari Raya Ketupat, yang dirayakan seminggu sesudah 1 Syawal. Orang Madura menyebutnya sebagai Tellasan Topak. Ini bukti jaman akulturasi yang masih hidup sampai sekarang.

Selamat menyantap ketupat lebaran bersama pernak perniknya opor ayam yg bersantan lezat ditambah karang binaci dan rendang serta sayur papaya muda yg diiris. Lidahpun serasa bergoyang . Nyam…nyam….nyam.

Depok, April 2024
M.Chairul Arifin

*Tulisan diolah dari berbagai sumber

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top