Jumat, 14 Juni 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Dorong Produktivitas Ekonomi Pesantren XL Axiata Ajarkan Santri Manfaatkan Solusi IoT

Raden Warna

| 14 September 2023

| 19:44 WIB

(ki-ka) CEO PT. Xekar, Ria Putri Sekarwidati, Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kab. Brebes, H. Khaerudin, Direktur Pesantren KH Mas Mansur MBS, Ustadz Hendi Sudono, Head New Ventures & Technology Incubation XL Axiata, Novi Arian, dan Head of Sales XL Axiata area Brebes, Eka Dwidasa Kornia pada peresmian atas beroperasinya fasilitas budi daya Maggot di Ponpes KH Mansur MBS Brebes, Selasa, (12/9). (Foto/XL Axiata for Ekbisbanten.com)

Secara teknis, solusi ini sendiri memiliki sejumlah fitur pemantauan lingkungan dan kontrol suhu atau kelembaban di lokasi peternakan Black Soldier Fly (BSF). BSF ini adalah jenis lalat yang telurnya kemudian menjadi larva maggot.

Untuk bisa menghasilkan maggot yang bisa menjadi pakan ternak berkualitas tinggi, dibutuhkan suhu dan kelembapan yang optimal, dengan rentang 20-25 derajat celcius. Selain itu, dibutuhkan juga kelembaban yang ideal dalam beternak maggot, yaitu 50-70 persen. Penggunaan solusi IoT akan membantu mempermudah para pembudidaya maggot untuk antara lain mengukur suhu dan kelembaban terbaik secara real time.

Nilai ekonomi yang bisa dihasilkan dari budi daya maggot pun terbilang cukup tinggi. Pangsa pasar maggot diakui oleh industri pakan ternak global, di mana berpeluang besar menyasar para peternak unggas, lele, dan sebagainya. Maggot ini hidup sebagai pakan pengganti pelet yang berkualitas tinggi dan dapat mempercepat pertumbuhan hewan ternak. Dengan pangsa pasar yang masih terbuka, budi daya ini diharapkan dapat mendorong pemberdayaan masyarakat.

Budi daya maggot pun terbilang cukup mudah karena pakannya berasal dari limbah rumah tangga atau sampah organik yang mudah didapatkan. Dengan begitu, pembudidayaan maggot ini pun turut berkontribusi terhadap pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

Selain untuk meningkatkan produktivitas, manfaat dari pemanfaatan solusi IoT terutama adalah dapat untuk mengurangi biaya operasional, sebagai sumber data untuk keperluan Big Data dan Artificial Intelligent. Selain itu teknologi ini juga bisa untuk mempermudah perencanaan, proyeksi, hingga perawatan.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top