Minggu, 16 Juni 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Dorong Produktivitas Ekonomi Pesantren XL Axiata Ajarkan Santri Manfaatkan Solusi IoT

Raden Warna

| 14 September 2023

| 19:44 WIB

(ki-ka) CEO PT. Xekar, Ria Putri Sekarwidati, Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kab. Brebes, H. Khaerudin, Direktur Pesantren KH Mas Mansur MBS, Ustadz Hendi Sudono, Head New Ventures & Technology Incubation XL Axiata, Novi Arian, dan Head of Sales XL Axiata area Brebes, Eka Dwidasa Kornia pada peresmian atas beroperasinya fasilitas budi daya Maggot di Ponpes KH Mansur MBS Brebes, Selasa, (12/9). (Foto/XL Axiata for Ekbisbanten.com)

EKBISBANTEN.COM – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mendorong penerapan solusi IoT (Internet of Things) di kalangan pondok pesantren (ponpes). Salah satunya adalah di Ponpes KH Mas Mansur Madrasah Boarding School (MBS) yang berlokasi di Brebes, Jawa Tengah.

Di ponpes ini, XL Axiata mengajarkan para santri memanfaatkan solusi IoT untuk budi daya Maggot. Dalam proyek edukasi ini, XL Axiata juga menggandeng PT Xekar, Benihbaik.com, Majelis Taklim XL Axiata (MTXL), dan komunitas Bloggercrony. Peresmian atas beroperasinya fasilitas budi daya Maggot tersebut berlangsung Selasa, (12/9).

Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir, mengatakan, melalui program Pesantren Digital, XL Axiata turut menyediakan sejumlah solusi digital yang bisa dimanfaatkan oleh teman-teman pengelola pondok pesantren di seluruh Indonesia.

“Pemanfaatkan solusi IoT adalah salah satu implementasinya, mengingat solusi IoT bisa secara fleksibel dipakai untuk meningkatkan kinerja berbagai keperluan di pesantren, termasuk dalam kegiatan ekonomi dan kewirausahaan. Karena itu, kami memfasilitasi penerapan solusi IoT untuk budi daya maggot, sesuai dengan kebutuhan Ponpes KH Mas Mansur MBS ini,” kata Marwan.

Marwan menambahkan, solusi IoT untuk budi daya maggot juga telah diterapkan di Pesantren Hidayatulloh, Depok, Jawa Barat. Solusi ini lahir dari hasil inkubasi IoT di Laboratorium XCamp XL Axiata. Di tempat ini dipilih sejumlah solusi IoT yang cocok dan dapat diterapkan di lingkungan pesantren, terutama yang dapat mendukung upaya pemberdayaan ekonomi. Budi daya maggot ini secara tidak langsung juga mendukung program pengolahan dan pemberdayaan sampah organik dan non organik di pesantren tersebut.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top