Antisipasi Penyebaran OPTK, Karantina Pertanian Cilegon Musnahkan Sisa Sampel Uji Laboratorium

| 29 Agustus 2023

| 12:06 WIB

Karantina Pertanian Cilegon
Petugas Karantina Pertanian Cilegon saat melakukan pemusnahan sisa arsip sampel dan sisa uji laboratorium. (Foto: Istimewa)

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Balai Karantina Pertanian Cilegon melakukan pemusnahan terhadap arsip sampel dan sisa sampel uji laboratorium. Pemusnahan dilakukan menggunakan mesin incinerator yang bertempat di Instalasi Karantina Hewan (IKH) pada Senin, 28 Agustus 2023 kemarin.

Analis Perkarantinaan Tumbuhan Muda, Yayuk Yustikasari mengatakan bahwa kegiatan pemusnahan arsip sampel dan sisa sampel uji laboratorium dengan dibakar dengan mesin incinerator dilaksanakan setiap bulan.

“Pemusnahan ini dilakukan sebagai rangkaian kegiatan rutin laboratorium sesuai dengan standar ISO/IEC 17025:2017 yang mengharuskan pemusnahan sampel 1 bulan saat pertama kali diterima di laboratorium,” katanya.

Ia juga menyampaikan, pemusnahan arsip sampel dan sisa sampel uji laboratorium itu menggunakan mesin incinerator dengan suhu di atas 100° celcius.

“Hal ini dilakukan agar sisa arsip sampel dan sisa sampel uji labolatorium menjadi debu dan tidak membahayakan bagi lingkungan sekitar,” ujarnya.

Editor :Rizal Fauzi

Tags

Bagikan Artikel

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Scroll to Top