Selasa, 28 Mei 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Ahmad Subhan: Arist Merdeka Sirait; Perjuanganmu Tak Akan Pernah Mati

Admin

| 27 Agustus 2023

| 18:14 WIB

Arist Merdeka Sirait
Arist Merdeka Sirait. (DOK. PRIBADI).

“Hari ini, kisahmu abadi. Berbaringlah kawan, berbaringlah dengan tenang”.

Itulah sepenggal lirik lagu dari karya Iwan Fals yang berjudul “kesaksian”. Lagu yang di dedikasikan untuk mengenang Arist Merdeka Sirait aktivis Perlindungan Anak Indonesia, yang meninggal pada (26/08/2023).

Hari ini, Dunia Anak Indonesia berduka. Seluruh Pejuang Anak berduka. Salah satu orang yang mendedikasikan masa hidupnya untuk pelindung anak meninggalkan kita semua karena penyakit yang dideritanya.

Kemarin tepatnya tanggal 26 Agustus 2023 datang kabar duka dikalangan aktivis anak Nasional. Seorang Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait meninggalkan kita semua.

Kabarnya beliau meninggal dunia setelah dirawat di Rumah Sakit Polri Kramat Jati sejak Senin (21/8) akibat sakit yang dideritanya.

Kabar duka ini mungkin sangat mengejutkan bagi kami yang sama-sama konsen dalam upaya perlindungan anak di daerah. Penulis pun merasa sangat kehilangan.

Arist Merdeka Sirait dikenal sebagai aktivis yang selalu memperjuangkan hak dan perlindungan bagi anak-anak yang tidak memperoleh keadilan. Kiprahnya di Komnas PA juga cukup lama, sejak dibentuknya Komnas Perlindungan Anak Indonesia.

Hampir sepanjang hidupnya dia dedikasikan untuk melindungi anak-anak dari berbagai macam latar belakang keluarga.

Mendengar kabar duka ini, dunia perlindungan anak sangat kehilangan sosok Arist Merdeka Sirait pastinya.

Penulis pun sempat mengenal sosok pria brewok yang sangat sederhana dan bersahaja tersebut ketika sama-sama berjuang dalam aktivitas perlindungan anak di wilayah Provinsi Banten saat itu penulis tergabung dalam kepengurusan Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Banten pada tahun 2015-2016 yang saat ini berganti nama menjadi Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) dengan Kepemimpinan Kak Seto dan Komnas PA dibawah Kepemimpinan Opung Arist Merdeka Sirait.

Dua organisasi yang sama-sama konsen dalam upaya perlindungan Anak Indonesia.

Kami menilai sosok Arist Merdeka telah mengabdikan seluruh hidupnya untuk memperjuangkan perlindungan bagi anak-anak Indonesia. Dan itu dibuktikan dengan kiprahnya semasa hidup.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Scroll to Top