Sabtu, 18 Mei 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Yuk Kenali Lembaga Penjamin Keuangan di Indonesia

Admin

| 23 Juli 2023

| 20:00 WIB

Ilustrasi via KamranAydinov freepik.com

EKBISBANTEN.COM -Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lembaga penjamin merupakan lembaga keuangan khusus yang berperan mendorong kemandirian usaha, pemberdayaan serta meningkatkan akses bagi dunia usaha. Khususnya pada skala Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan koperasi serta usaha prospektif lainnya kepada sumber pembiayaan.

Melalui sistem penjaminan kredit, lembaga penjamin menjadi jembatan bagi UMKM pada bank atau lembaga keuangan lainnya. Lembaga penjamin ini penting, sebab UMKM memiliki kesulitam dalam mengakses sumber pembiayaan karena tidak mampu menyediakan agunan.

Fungsi Lembaga Penjamin

Lembaga penjaminan kredit berfungsi menjamin pemenuhan kewajiban finansial UMKM sebagai penerima kredit dari bank atau lembaga keuangan.

Kemudian untuk aktivitas penjaminan, merupakan kegiatan perlindungan atau proteksi atas risiko kerugian yang mungkin terjadi. Resiko kerugian tersebut harus dapat diukur secara finansial.

Dalam proses penjaminan, terdapat 3 pihak yang terkait dalam kegiatannya, yaitu Penjamin, Penerima Jaminan, dan Terjamin. Dalam skema ini, Penjamin menanggung pembayaran atas kewajiban finansial dari terjamin kepada penerima jaminan apabila terjamin tidak dapat lagi memenuhi kewajibannya berdasarkan perjanjian yang telah disepakati.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Scroll to Top