XL Axiata Pastikan Jaringan Stabil saat Libur Panjang Lebaran 2024

Budi Man

| 30 Maret 2024

| 22:00 WIB

Teknisi XL Axiata tengah melakukan pemeliharaan perangkat BTS (Base Transceiver Station) di sebuah tower di Kawasan Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (26/3). Foto: XL Axiata For EKBISBANTEN.COM

JAKARTA, EKBISBANTEN.COM-XL Axiata memastikan jaringan stabil saat libur panjang lebaran 2024. Guna memastikan itu, XL telah melakukan penguatan dan uji jaringan di semua jalur utama pulang kampung dan liburan yang berada di berbagai daerah, termasuk di sepanjang Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa memprediksi sepanjang libur Lebaran nanti, trafik layanan XL Axiata akan meningkat sekitar 10 hingga 20 persen dibandingkan hari biasa.

“Selain melonjak, tantangan lainnya adalah berpindahnya lokasi-lokasi dengan trafik tinggi ke berbagai area yang tersebar, terutama di kota-kota di Jawa dan lokasi-lokasi wisata. Untuk itu, selain perlu menambah kapasitas, kami juga harus memiliki strategi rekayasa trafik  yang tepat di jaringan agar tidak terjadi congestion di berbagai lokasi dengan trafik tinggi,” ujarnya, Sabtu (30/3/2024). 

Gede membeberkan, kenaikan trafik di setiap lebaran terjadi karena masyarakat Indonesia semakin banyak melakukan aktivitas digital, termasuk untuk bersilaturahmi atau berlebaran di hari raya, serta mengakses berbagai sarana informasi dan hiburan. 

Saat Ramadan saja, lanjutnya, trafik XL Axiata perlahan telah meningkat rata-rata hingga 5 persen dibandingkan trafik di hari biasa

Selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi lainnya berupa optimasi jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas masyarakat atau pelanggan saat masa libur Lebaran. 

Untuk tujuan itu pula, sejumlah daerah yang biasanya menjadi tujuan mudik dan wisata akan menjadi perhatian khusus, terutama di Pulau Jawa. 

Tak hanya itu, XL juga menyiagakan jaringan pada infrastruktur jalan tol baru di beberapa daerah yang akan bisa dimanfaatkan masyarakat selama libur Lebaran. 

Editor :Rizal Fauzi

Tags

Bagikan Artikel

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Scroll to Top