Selasa, 28 Mei 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Virgojanti Sebut Pemprov Banten Giatkan Koperasi untuk Naik Kelas

Esih Yuliasari

| 3 November 2023

| 07:45 WIB

Pemprov Banten
Pj Sekda Provinsi Banten, Virgojanti berfoto bersama pelaku Koperasi di Banten. (FOTO: BIRO ADPIM).

EKBISBANTEN.COM – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Banten Virgojanti mengungkapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten terus menggiatkan koperasi di Provinsi Banten untuk naik kelas. Salah satunya dengan memfasilitasi digitalisasi koperasi.

Hal itu diungkapkan Virgojanti saat membuka rangkaian HUT Ke-76 Koperasi di Halaman Masjid Raya Al Bantani, KP3B Curug, Kota Serang, Kamis (2/11/2023).

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten Deputi Pembaharuan dan Kemitraan Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia Bagus Rahman, Ketua Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Banten Siti Ma’rifah, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten Agus Mintono, Kepala OPD serta tamu undangan lainnya.

Virgojanti mengatakan berbagai isu strategis telah dilaksanakan oleh Pemprov Banten dengan memberikan kemudahan pembentukan koperasi melalui bantuan akta pendirian koperasi baru secara gratis yang dibiayai melalui APBD.

Pada tahun anggaran 2023, Pemprov Banten telah dilaksanakan bantuan akta pendirian koperasi baru sebanyak 50 koperasi.

“Pemprov juga telah mendorong agar koperasi di Provinsi Banten bisa maju secara modern. Melalui pelatihan digitalisasi koperasi dan modernisasi kelembagaan koperasi, pengaturan tata kelola usaha simpan pinjam sampai pengembangan ekosistem koperasi,” katanya.

Diungkapkan, peringatan Hari Koperasi Ke-76 Tahun 2023 ini, juga merupakan rangkaian HUT Ke-23 Provinsi Banten. Ini menjadi momentum bagi gerakan koperasi dan pelaku UMKM untuk unjuk gigi melalui ekosistem koperasi dan UMKM masa depan, baik melalui digitalisasi, kolaborasi hasil riset dan inovasi, hingga masuk ke dalam hilirisasi.

“Kita merancang agar UMKM di Provinsi Banten dapat masuk pada program hilirisasi rantai pasok. Transformasi UMKM masa depan juga ditandai dengan masuknya UMKM pada platform digital. Hal tersebut sejalan dengan target Pemprov Banten dalam mendorong UMKM on Boarding, yang saat ini banyak UMKM di Provinsi Banten sudah masuk ke dalam ekosistem digital,” jelasnya.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Scroll to Top