Tingkatkan Keamanan Pelanggan, Operator Seluler Indonesia Hadirkan Layanan Ini

Budi Man

| 22 Februari 2024

| 12:00 WIB

Ilustrasi kolaborasi operator seluler di Indonesia menghadirkan layanan kemanan pelanggan. Foto: Dwi P/XL Axiata.

EKBISBANTEN.COM- Operator Telekomunikasi Indonesia, yakni Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison, XL Axiata, dan Smartfren, berkolaborasi mengumumkan peluncuran tiga layanan Application Programming Interface (API).

Tiga layanan tersebut difokuskan dalam memberikan peningkatan keamanan dan pengalaman pelanggan serta sebagai bagian dari penerapan inisiatif global GSMA Open Gateway. Layanan tersebut berupa Number Verify, SIM Swap, dan Device Location. 

Inisiatif GSMA Open Gateway merupakan sebuah kerangka kerja API jaringan umum yang dirancang untuk memberikan akses universal kepada perusahaan developer ke jaringan operator. 

Standarisasi ini akan membantu developer untuk mempercepat pertumbuhan layanan digital dan aplikasi bagi pelanggan dengan memastikan sistem jaringan API mereka dapat berfungsi dengan lancar ke jaringan operator di Indonesia dan ratusan operator lainnya di seluruh dunia.

Adapun para operator telekomunikasi di Indonesia akan menghadirkan tiga layanan API, pertama Number Verify, di mana layanan ini bertujuan untuk mempermudah verifikasi nomor ponsel pengguna, memastikan otentikasi yang kuat dan memberikan pengalaman yang lancar, serta dapat mengatasi masalah seperti kegagalan pengiriman SMS atau tantangan teknologi pengguna. 

Kemudian, SIM Swap yang dapat mendeteksi perubahan terbaru pada kartu SIM atau nomor ponsel, di mana sangat penting dalam mencegah pengambilalihan akun, terutama selama transaksi keuangan. 

Selanjutnya, Device Location yang memungkinkan sebuah organisasi untuk mengonfirmasi lokasi spesifik suatu perangkat, meningkatkan deteksi penipuan dan akurasi untuk layanan seperti aplikasi pengiriman, yang juga dapat mencegah manipulasi GPS dan aktivitas penipuan.

Direktur Planning and Transformation Telkomsel Soon Nam mengatakan, layanan ini selaras dengan semangat Telkomsel yang terinspirasi dari semangat Indonesia untuk dapat bersama-sama menciptakan terobosan melalui inovasi pemanfaatan teknologi terkini. 

“Telkomsel mendukung pembangunan ekonomi digital Indonesia dan kemajuan ekonomi berbasis teknologi. Inisiatif antara perusahaan Telekomunikasi Indonesia ini bertujuan untuk membangun interkoneksi antar operator yang dapat memberikan dampak kemajuan industri telekomunikasi, sehingga bisa memberikan nilai tambah bagi pelanggan melalui platform dan layanan digital yang akan semakin mendorong kemajuan bangsa,” ujarnya, dikutip Kamis (22/2/2024). 

Kemudian Chief Digital Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Sanjeev Rawat mengatakan, kolaborasi ini merupakan contoh konkrit dari komitmen operator telekomunikasi untuk menggerakkan kemajuan ekonomi di Indonesia dari sektor teknologi dan digitalisasi

“Hal ini sejalan dengan semangat Indosat Ooredoo Hutchison untuk bergotong royong dalam mewujudkan tujuan besar menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” ujarnya. 

Editor :Rizal Fauzi

Tags

Bagikan Artikel

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Scroll to Top