Siap Bangun Negeri, Yayasan AHM Perkuat Dukungan pada Generasi Muda di Bidang Pendidikan

Budi Man

| 4 Maret 2024

| 12:00 WIB

Jajaran Yayasan AHM dan Universitas Jember saat menunjukkan Dokumen MoU. Foto: DOK Honda

JAKARTA, EKBISBANTEN.COM- Yayasan Astra Honda Motor (AHM) memperkuat dukungan pada peningkatan kualitas kontribusi generasi muda dalam membangun negeri. Salah satunya yakni melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Satu Hati di Universitas Jember (UNEJ), Jawa Timur. 

Hal ini sejalan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan pemerintah untuk menyiapkan calon pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian.

Dukungan terhadap aksi nyata generasi muda yang bermanfaat bagi masyarakat secara berkelanjutan juga diwujudkan Yayasan AHM melalui seleksi Sustainable Development Goals (SDGs) Future Leaders, bekerja sama dengan berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Berbagai ide kreatif dari sekitar 30 tim yang terpilih akan didukung Yayasan AHM secara pendanaan maupun pembinaan.

Menggandeng Universitas Jember (UNEJ) dan pemerintah Kabupaten Jember, KKN Tematik Satu Hati dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Informasi UNEJ – Prof. Drs. Bambang Kuswandi, M.Sc., Ph.D., Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin dan Bupati Jember yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Pemkab Jember Harry Agustriono, ATD., MT. 

Komitmen untuk berkontribusi pada pembangunan daerah diperkuat melalui penandatanganan Nota Perjanjian Kerjasama Yayasan AHM dengan UNEJ dalam bidang penelitian, pengembangan dan pengabdian masyarakat di Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember (2/3).

Mengusung Tema “Satu Hati Bersinergi Membangun Negeri”, KKN Tematik Satu Hati mengajak mahasiswa KKN untuk mengabdi dan berkontribusi bagi masyarakat dalam berbagai program unggulan seperti penanganan sampah hingga pengembangan perekonomian masyarakat desa.

Tahun ini, KKN Tematik Satu Hati berkomitmen mengembangkan desa Semboro, Kabupaten Jember, Jawa Timur bersinergi dengan Badan Usaha Milik Desa Amartha Semboro.

Berbagai program akan dijalankan oleh para mahasiswa bersama masyarakat, seperti mencegah pencemaran lingkungan dan pemanfaatan limbah sampah menjadi bernilai bagi masyarakat sekitar melalui pengembangan bank sampah. 

Dalam bidang perekonomian, Yayasan AHM bersama para mahasiswa juga mengembangkan program budidaya magout dan lele, ternak ayam, eduwisata petik jeruk, serta pelestarian batik Semboro.

Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan selaras dengan tujuan SDGs, kolaborasi bersama berbagai pihak diharapkan mampu memberikan efek ganda dalam meningkatkan kompetensi dan pengalaman mahasiswa selama melakukan pengabdiannya kepada masyarakat yang memiliki dampak berkelanjutan.

Editor :Rizal Fauzi

Tags

Bagikan Artikel

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Scroll to Top