Program ADEM Repatriasi, Upaya Pemerintah Berikan Pendidikan Terbaik Bagi Anak Bangsa

Esih Yuliasari

| 24 Agustus 2023

| 20:25 WIB

Dindikbud
Prosesi serah terima siswa ADEM Repatriasi kelas X tahun ajaran 2023-2024. (FOTO: DOK. DINDIKBUD).

KOTA SERANG, EKBISBANTEN.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten tahun ini kembali menerima puluhan siswa program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) kelas X tahun ajaran 2023-2024. Penerimaan siswa ADEM dilakukan di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Kamis (24/8/2023).

Acara penerimaan itu dihadiri langsung oleh Kepala Dindikbud Provinsi Banten Tabrani dan Kepala Bidang Pendidikan Khusus pada Dindikbud Provinsi Banten, Supandi.

Diketahui, Program ADEM Repatriasi merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang diluncurkan sejak 2013. Awalnya, program ini ditujukan untuk murid-murid jenjang sekolah menengah di Papua dan Papua Barat.

Sasaran Program ADEM tersebut selanjutnya diperluas dengan menyasar murid-murid di wilayah 3T dan wilayah perbatasan pada tahun 2014 dan tahun 2016 kembali diperluas dengan menyasar murid-murid dari keluarga repatriasi,yakni buruh migran atau tenaga kerja Indonesia di wilayah Sabah, dan Serawak, Malaysia.

Tujuan digelarnya Program ADEM tersebut adalah memberi peluang kepada murid-murid di Papua, daerah 3T dan anak buruh migran di Malaysia untuk menempuh pendidikan menengah yang berkualitas.

Melalui Program ADEM, diharapkan terjadi percepatan pembangunan sumber daya manusia di Papua dan Papua Barat, di wilayah 3T dan daerah perbatasan,serta bagi anak-anak buruh migran di Malaysia. Selain itu, Program ADEM juga diharapkan mempercepat akulturasi keragaman budaya.

Editor :Rizal Fauzi

Tags

Bagikan Artikel

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Scroll to Top