Percepat Distribusi Logistik saat Bencana, BPBD Banten Kelola Klaster Satu Pintu

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Banten Nana Suryana usai acara pengukuhan klaster logistik di Le Dian Hotel & Cottages, Kota Serang, Rabu (23/8/2023). Foto: Budiman/Ekbisbanten.com

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten akan mempercepat distribusi dan ketepatan bantuan logistik saat terjadi bencana. Hal itu dilakukan dengan mengelola klaster logistik lewat satu pintu.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Provinsi Banten Nana Suryana mengatakan bahwa bantuan logistik saat terjadi bencana sangat penting untuk diperhatikan.

“Sangat penting kalau berbicara seberapa penting, karena tahapan kebencanaan salah satunya pada saat terjadi bencana. Logistik ini sangat penting, terutama pada hari terjadi bencana,” ucapnya usai acara pengukuhan klaster logistik di Le Dian Hotel & Cottages, Kota Serang, Rabu (23/8/2023).

Menurutnya, bantuan logistik saat bencana terkadang sering datang terlambat. Belum lagi ditambah penerima bantuan yang tidak sesuai oleh masyarakat yang terkena dampak.

“Itu yang kita lihat dari beberpa kejadian, khsususnya di Banten pada saat hari terjadi bencana, masyarakat yang membutuhkan logistik tetapi bantuan itu belum datang,” ucapnya.

Ia menilai, beberapa faktor yang menjadi penghambat bantuan logistik pada masyarakat yang terkena musibah. Misalnya, akses masuk bantuan logistik karena medan area terkena kerusakan akibat bencana.

Maka dari itu, dirinya bersama stakeholder terkait akan mengelola bantuan dengan kebijakan satu pintu, termasuk bantuan dari luar. Selain mempercepat bantuan, ia juga memastikan cadangan logistik untuk bencana akan cukup.

Editor :Rizal Fauzi

Tags

Bagikan Artikel

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Scroll to Top