Penting Direncanakan Sejak Dini, 4 Cara Siapkan Tabungan Pendidikan Anak menurut Qoala

Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan tabungan pendidikan anak sejak dini menurut Qoala. (Foto ilustrasi: Freepik.cim/jcomp)

JAKARTA, EKBISBANTEN.COM – Mempersiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin sangatlah penting. Tabungan pendidikan anak menjadi solusi terbaik untuk dimiliki.

Banyak manfaat yang didapatkan apabila orang tua memiliki tabungan pendidikan anak sejak dini, salah satunya adalah untuk meringankan beban finansial keluarga dari biaya kebutuhan sekolah di masa mendatang yang terus meningkat karena inflasi.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) disebutkan bahwa terjadi inflasi pendidikan sebesar 3,81 persen dan kenaikan rata-rata uang pangkal sekolah sebesar 10-15 persen setiap tahunnya.

Oleh karena itu, orang tua harus merencanakan biaya pendidikan anak sedini mungkin, sehingga masa depan pendidikan anak bisa lebih terjamin.

Senior PR Qoala Yohana Angeline menyatakan, perencanaan keuangan untuk pendidikan anak juga berfungsi sebagai bentuk antisipasi terhadap risiko finansial yang mungkin dialami pada saat anak melangsungkan pendidikan.

“Maka sangat penting untuk direncanakan dan membuka rekening tabungan sedini mungkin, bahkan jika memungkinkan ketika anak masih di dalam kandungan, agar tidak terlalu terbebani oleh biaya sekolah anak dan kebutuhan rumah tangga di masa mendatang yang pasti akan bertambah,” kata Yohana Angeline dalam keterangan tertulis, Sabtu, 18 Juli 2023.

Berikut ini empat langkah yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan tabungan pendidikan anak sejak dini menurut Qoala:

  1. Lakukan riset tentang biaya pendidkan anak

Tentukan instansi pendidikan yang akan mereka tempuh sejak awal. Ketahui berapa biaya yang harus dikeluarkan serta kenaikan per tahunnya untuk berbagai jenjang pendidikan.

Pastikan Anda membuat rencana anggaran sesuai dengan periode waktu belajar wajib sekolah. Selain itu, Anda juga bisa coba menelusuri biaya pendidikan di dalam dan luar negeri.

Namun, orang tua juga harus tetap memberikan kebebasan bagi anak untuk memilih. Pasalnya, pendidikan yang berhasil tentu berasal dari minat dan bakat sang anak.

  1. Buat rencana anggaran pendidikan dan perhitungkan inflasi

Dalam membuat rencana anggaran dana sekolah anak, Anda harus sudah bisa menentukan prioritas alokasi gaji setiap bulan untuk tabungan pendidikan anak.

Pastikan Anda tetap memenuhi pos kebutuhan pokok, dana darurat, dana pensiun, dan pos pengeluaran lainnya.

Setelah menetapkan rencana tabungan, Anda harus menyesuaikannya dengan perkiraan tingkat inflasi pendidikan.

Naiknya biaya pendidikan anak tidak dapat dihindari namun Anda bisa melakukan antisipasi mulai dari sekarang.

Editor :Rizal Fauzi

Tags

Bagikan Artikel

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Scroll to Top