Sabtu, 18 Mei 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Pemkab Serang Promosikan Produk UMKM Lewat Apkasi Otonomi Expo 2023

Admin

| 22 Juli 2023

| 14:06 WIB

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menghadiri ajang Apkasi Otonomi Expo 2023. (Foto/DOK. HUMAS PEMKAB SERANG)

Rakernas dibuka oleh Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin. Turut hadir antara lain, Menko Marves Luhur Binsar Panjaitan, Menko Perekonomian Airlanggar Hartarto, Ketua KPK Firli Bahuri, Mendagri Tito Karnavian, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, dan Ketua Umum Apeksi Bima Arya.

Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan, salah satu fokus pembahasan Rakernas Apkasi adalah upaya pemerintah daerah untuk mencari sumber pendapatan, dan pengembangan ekonomi daerah.

“Selain penambahan dana dari pusat melalui DAU dan DAK, pemerintah daerah berupaya mencari sumber pendapatan lain untuk pembangunan, salah satunya adalah melalui perdagangan dan investasi,” ujar Bupati Dharmasraya ini.

Menurutnya, peran dan fungsi Apkasi salah satunya memfasilitasi peningkatan kapasitas anggotanya, termasuk memfasilitasi kebangkitan perekonomian daerah pasca Covid-19. “Apkasi telah melaksanakan sejumlah forum bisnis yang mempertemukan pemerintah daerah dengan para buyer dan investor potensial,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin mengatakan, banyak kabupaten yang memiliki potensi wisata yang layak dikembangkan.Baik untuk menarik investor, menumbuhkan ekonomi kreatif, menciptakan lapangan kerja, maupun untuk meningkatkan penghasilan warga setempat, sekaligus melestarikan budaya lokal.

“Selain itu, wisata halal juga layak untuk dikembangkan mengingat jumlah wisatawan muslim dunia terus melonjak, hingga mencapai 110 juta wisatawan pada tahun 2022,” ujarnya.*

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Scroll to Top