Minggu, 16 Juni 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Pemkab Serang Luncurkan Aplikasi Simanis Tatu

Admin

| 25 Mei 2021

| 21:27 WIB

“Kenapa dinamakan Aplikasi Simanis Tatu? Karena kita dapat rekomendasi dari pimpinan Ibu Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, dengan kepanjangan Sistem Manajemen Keamanan Informasi Tanda Tangan Terpadu,”ungkapnya.

Dijelaskan Shinta, aplikasi atau media lainnya yang akan masuk dalam Simanis Tatu karena modul pertama yakni modul tanda tangan digital. “Harus menggunakan satu tanda tangan terpadu, jadi dinamakan Simanis Tatu,”terangnya.

Lebih jelasnya untuk Aplikasi Simanis Tatu ada empat modul. Pertama, tandan tangan digital, kedua modul ITSA ( IT Security Assessment ), modul ketiga alat-alat persandian, dan modul ke empat lebih ke SDM (sumber daya manusia). “Jadi BSSN versi kecil ada didalam aplikasi DSA (Dasboard Security Application),”ujarnya.

Shinta berharap, dengan diluncurkannya Aplikasi Simanis Tatu Kabupaten Serang benar-benar bisa menjadi Pilot Project dengan menjalankan DSA sehingga bisa disalurkan ke seluruh Indonesia. “Jadi bisa digunakan seluruh Indonesia, karena sebelumnya pernah di daerah lain namun tidak jalan. Ini di Kabupaten Serang dengan modul versi yang terbaru ini semoga bisa berjalan,”katanya.

Dengan begitu, tambah Shinta, persandian tidak dianggap remeh lagi. Karena dulu persandian lebih ke sandi sesuai dengan tupoksinya hanya Lembaga Sandi Negara. Akan tetapi, dengan adanya kewenangan baru menjadi Badan Siber dan Sandi Negara atau BSSN sehingga kewenangannya pun lebih tinggi lagi.

“Petugasnya juga lebih besar lagi. Intinya, kita disini menysosialisasikan apa itu persandian, keamanan itu fungsinya seperti apa, dan kenapa. Itu dasar dibentuk BSSN, dan kenapa di daerah pun ada tupoksi yang sama,”tutur Shinta.(*/)

]]>

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top