Kamis, 13 Juni 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Pemkab Serang Luncurkan Aplikasi Simanis Tatu

Admin

| 25 Mei 2021

| 21:27 WIB

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) meluncurkan Aplikasi Sistem Manajemen Keamanan Informasi Tanda Tangan Terpadu atau Simanis Tatu. Simanis Tatu diharapkan kemananan informasi di Kabupaten Serang dapat terjaga, baik data dan informasinya.

[adrotate group="5"]

Kepala Kadiskominfosatik Kabupaten Serang, Anas Dwi Satya Prasadya menuturkan, aplikasi Simanis Tatu diharap Kabupaten Serang bisa melaksanakan tanda tangan digital untuk keamanan informasinya dalam menunjang sistem pemerintahan berbasis elektronik atau SPBE. Sebab, keamanan informasi sangat penting untuk saat ini.

“Jangan sampai nanti data kita dibiarkan begitu saja. Tapi, dengan adanya tanda tangan digital salah satu cara kalau di internet enkripsi atau membungkus data, sehingga data terlindungi tidak dicuri oleh orang,”ujar Anas usai Penyampaian Laporan Pendahuluan Penyusunan Masterplan Keamana Informasi dan Siber (Dashboard Security Application) Diskominfosatik di Aula Tb. Saparudin Setda Kabupaten Serang pada Selasa, 25 Mei 2021.

Anas berharap kedepan, dengan adanya masterplan tentang keamanan informasi, keamanan kedepan tentang informasi di Kabupaten Serang dapat terjaga data dan informasinya. “Sehingga data lengkap bisa disampaikan kepada orang-orang yang memerlukan, karena terkadang ada orang tidak perlu itu data akan di salah gunakan,”terangnya. Seraya menambahkan, untuk Sosialisasi Aplikasi Simanis Tatu akan dilaksanakan pada Juni 2021.

Hadir pada acara tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Persandian dan Statistik pada Diskominfosatik Provinsi Banten, Sekretaris Diskominfosatik Kabupaten Serang, Hartono, Kabid Persandian dan Statistik Diskominfosatik Kabupaten Serang, Shinta Asfilian Harjani, Kasi Persandian, Iqbal, dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Kabid Persandian dan Statistik Diskominfosatik Kabupaten Serang, Shinta Asfilian Harjani mengatakan, Aplikasi Simanis Tatu merupakan inisiasi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang rencananya Kabupaten Serang itu menjadi Pilot Project (Percontohan) untuk BSSN versi kecil. Simanis Tatu didalam suatu aplikasi, makanya di buat Dasboard Security Application (DSA).

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top