Minggu, 19 Mei 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Pemkab Serang Jaga Investasi Penyumbang Pasokan Pangan

| 26 September 2023

| 22:00 WIB

Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kabupaten Serang, Nanang Supriatna usai membuka Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). (Foto/Pemkab Serang)

Upaya tersebut dilakukan, Nanang menegaskan, agar para investor mempunyai kejelasan dalam berinvestasi di Kabupaten Serang yang pada dasarnya sebagai penyumbang potensi pasokan daging ayam dan telur ayam di Kabupaten Serang.

“Terlebih penyumbang inflasi, kalau tidak dijaga kekuatan kita jadi lemah nanti,“ucapnya.

Belum lagi pasokan pangan jenis sayuran, Nanang mengajak agar potensi tersebut terus kita kembangkan agar Banten mengambil pasokan dari luar Banten meliputi Jawa Barat dan dari Provinsi Lampung. Padahal, di Kabupaten Serang mempunyai potensi untuk mengembangkan sayuran seperti bawang merah di Kecamatan Kramat watu, cabe merah di Kecamatan Ciomas, Pabuaran, dan Padarincang.

“Ini bisa dikembangkan bersama dengan DKPP (Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian),“ungkapnya.

Sedangkan terkait ketersedian pangan di Kabupaten Serang Nanang juga memastikan masih aman, termasuk beras di Kabupaten Serang masih ada panen raya di beberapa tempat walau kondisinya kekeringan.

“Itu terus kita pantau agar pasokan yang kita punya, potensi pertanian, peternakan bisa dijaga dengan baik,“tutur Nanang.

Sekadar diketahui angak inflasi Indonesia terkahir 3,27 persen pada Agustus 2023, sementara angka inflasi Banten dibawah nasional yaitu 2,96 persen. Angka tersebut sangat baik mengingat masih sesuai dengan target inflasi yang ditetapkan oleh Pemerintah.

“Selain itu, angka inflasi tersebut juga cukup mengejutkan mengingta kita masih dalam masa pemulihan ekonomi akibat dampak covid-19, dan juga ketidakpastian ekonomis global efek dari ketegangan Rusia dan Ukraina,“tambah Nanang.

Hadir pada Rakor TPID Kabupaten Serang Asda II Bidang Ekonomi, ULP, dan Administrasi Pembangunan Kabupaten Serang, Hamdani, Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Wawan Sertiawan dan perwakilan dari Bank Indonesia (BI) Perwakilan Banten, perwakilan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Serang, perwakilan Bulog Sub Divre Serang dan perwakilan OPD terkait di lingkungan Pemkab Serang.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Scroll to Top