Sabtu, 18 Mei 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Pancagatra Sekolah Al Qur’an Amirul Mukminin

Dr. H. Fadlullah, S.Ag., M.Si

| 15 April 2024

| 18:44 WIB

Dr. H. Fadlullah, S.Ag., M.Si merupakan Founder SD Al-Quran Amirul Mukminin. (Foto: Dok. FKIP Untirta)

Amirul Mukminin sebagai satuan pendidikan Masjid berasrama menghimpun dan menyalurkan zakat, infak dan sedekah untuk alokasi ashnaf sabilillah dan ibn sabil, terutama gaji guru dan tenaga kependidikan. Sedangkan gerakan wakaf ditujukan untuk pengadaan lahan, bangunan, dan fasilitas publik yang strategis, seperti laboratorium. Termasuk wakaf sawah untuk ketahanan dan kedaulatan pangan.

Keempat, serikat dagang. Dasar teologis serikat dagang adalah perintah untuk menyebar ke seluruh penjuru bumi usai melaksanakan sholat berjamaah. Dengan kata lain, masjid harus menguasai dan mengendalikan pasar, sehingga dapat berkontribusi dalam pemenuhan hajat hidup orang banyak.

Terutama menjaga ketahanan dan kedaulatan pangan rakyat, seperti beras, daging, susu, telor, dan aneka sayuran. Gerakan ini secara konstitusional selaras dengan pasal 33 UUD 1945 dengan membentuk badan hukum koperasi jamaah masjid dan komunitas pesantren. Gerakan ini semakin hebat bila dikaitkan dengan gerakan wakaf sawah. Tanam apa yang kamu makan. Makanlah dari apa yang kamu tanam.

Kelima, dakwah digital. Nabi memberikan nasehat bahwa: manusia terbaik adalah yang belajar dan mengajarkan Al Qur’an. Seruan terbaik manusia adalah dakwah, yakni mengajak manusia yang lain untuk turut Al Qur’an dan hadits sebagai jalan keselamatan.

Kewajiban setiap muslim menyebarluaskan ajaran dan ilmu tentang Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam. Seruan ini tidak terbatas di mimbar Jumat atau ruang-ruang kelas, tetapi juga harus menggema melalui media digital, sehingga ajaran dan ilmu-ilmu Islam terpancar luas ke seluruh cakrawala bumi.

Itulah pancagatra Sekolah Al Qur’an Amirul Mukminin sebagai satuan pendidikan Masjid berasrama dengan pembiayaan seikhlasnya. Sekolah yang dirancang untuk menyiapkan kader pemimpin umat yang berani dan bijaksana. Untuk memastikan independensi dan otonomi Sekolah, pembiayaan pendidikan disiapkan melalui gerakan wakaf, zakat infak dan sedekah, dengan spirit rela berkorban. Semoga Allah memberkati. Wallahu a’lam.

Penulis merupakan Founder SD Al-Quran Amirul Mukminin sekaligus Dekan FKIP Untirta dan Presidium FSPP Provinsi Banten

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Scroll to Top