Minggu, 16 Juni 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Merasa Terbantu, Pasien RS Hermina Ciruas Ucapkan Terima Kasih pada BPJS Kesehatan

Budi Man

| 14 Mei 2024

| 09:00 WIB

Walau Pasien BPJS
Rian Fauzi (27) wali dari salah satu pasien di Rumah Sakit (RS) Hermina Ciruas saat berterima kasih kepada BPJS Kesehatan. (FOTO: BUDIMAN/EKBISBANTEN.COM).

Untuk Gerd terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan atau yang biasa disebut acid reflux. Umumnya terjadi setelah makan siang atau makan malam.

Gejala yang timbul adalah mengalami mulas yang terus-menerus, bau mulut, mual, nyeri di dada, hingga sulit untuk menelan.

Cara untuk mengatasi penyakit ini adalah tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang memicu gejalanya.

Selain itu, dapat juga bisa mengonsumsi antasida yang berguna untuk mengurangi produksi asam lambung dan radang tenggorokan.

Lalu Gastritis yang merupakan sebuah kondisi ketika lambung mengalami peradangan karena asam lambung yang terlalu kuat sehingga merusak lapisan pelindung tersebut.

Umumnya, gastritis disebabkan oleh beberapa hal, seperti alkohol, obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), hingga infeksi dari bakteri H. pylori.

Selain rasa sakit pada perut bagian atas, gejala lainnya yang dapat terjadi adalah perasaan kembung, nafsu makan yang berkurang, mual dan muntah, hingga lebih cepat kenyang.

Kemudian ada astroparesis, yakni adalah sebuah gangguan lambung yang terjadi karena lambung mengalami perlambatan ketika mencerna makanan.

Hal tersebut mengakibatkan gangguan pada fungsi lambung yang disebabkan karena otot-otot pada dinding lambung tidak bekerja secara maksimal.

Dampaknya, fungsi lambung untuk mencerna makanan pun terganggu. Gangguan ini umumnya terjadi pada pengidap diabetes.

Gejala yang muncul pada seseorang yang mengidap gastroparesis adalah perut mengalami kram, selalu merasa kenyang, hingga muntah setelah makan. Apabila sudah parah, pengidap dapat mengalami penurunan berat badan.

Terakhir ada Dispepsia yakni gejala-gejala yang muncul karena terdapat penyakit pada bagian perut atas.

Gejalanya berupa perut terasa tidak nyaman, mudah kenyang, terasa nyeri pada ulu hati sehabis makan, kembung, dan mual hingga muntah.

Hal ini umumnya berhubungan dengan gastritis, tukak lambung, hingga kanker lambung. Gangguan ini dapat diatasi dengan pola makan yang sehat dan menghindari gejala yang dapat menyebabkannya.

Sedangkan secara umum, untuk penyakit asam lambung disarankan dapat mengkonsumsi makanan oatmeal, pisang, jahe, sayuran hijau dan roti. (ADV)

Editor :Esih Yuliasari

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top