Sabtu, 18 Mei 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Mengenal Investor Saham Pasa Modal Syariah

and

| 9 Juni 2023

| 18:51 WIB

Pasar modal syariah. (Foto/pemprov Banten)

EKBISBANTEN.COM – Pasar modal syariah telah dikembangkan di Indonesia sejak tahun 1997 yang dimulai dengan kehadiran reksa dana syariah, dilanjutkan dengan indeks saham syariah, daftar efek syariah, sukuk dan berbagai fatwa tentang investasi di pasar modal Indonesia.

Sebagai upaya pengembangan pasar modal syariah agar makin dikenal masyarakat, Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama SRO lain yaitu PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), serta dukungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar kegiatan tahunan yang diberi judul Sharia Investment Week (SIW). Bulan Juni ini, kembali diadakan SIW 2023. Tujuan utama kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan literasi pasar modal syariah yang lebih luas dan inklusif serta memperkuat branding pasar modal syariah.

Rangkaian kegiatan SIW 2023 akan menjadi ajang silaturahmi investor syariah dan wadah untuk meningkatkan tingkat literasi masyarakat terhadap Pasar Modal Syariah. Kegiatan ini diselenggarakan  selama tiga hari yaitu 15 – 17 Juni 2023 secara hybrid dengan beberapa kegiatan lomba kreasi digital pre-event, yaitu Video Literasi Pasar Modal Syariah, Twibbon & Caption Contest, dan Photobooth Challenge.

Atrium F3 Floor FX Sudirman, Jakarta, menjadi tempat pelaksanaan event ini, yang juga dapat disaksikan secara online melalui Platform Website SIW 2023 (https://idxsiw.id). SIW 2023 akan menghadirkan dua sesi seminar, empat sesi talk show, dan satu sesi powerful speech yang dimeriahkan juga dengan live performance band. Rangkaian kegiatan literasi pasar modal suariah ini menampilkan 25 narasumber dan moderator kompeten yang ahli di bidangnya maupun public figure yang mewakili masyarakat yang telah berinvestasi di pasar modal syariah Indonesia.

Tema utama yang diusung pada SIW 2023 adalah “Sharia Investing for Better Future” dengan tiga sub tema harian yang diusung, yaitu Sustainable Islamic Finance, Investment Product and Technology dan Wealth and Social Development. Penyelenggaraan SIW 2023 ini juga mengawali program campaign “Aku Investor Saham Syariah”.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Scroll to Top