Kemenhub Adakan Mudik Gratis Nataru, Catat Jadwal dan Tujuannya

Budi Man

| 7 Desember 2023

| 14:35 WIB

Ilustrasi Musik. Foto: Lifestylememory/Freepik.com

EKBISBANTEN.COM – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubdat Kemenhub) menyelenggarakan mudik gratis. 

Mudik gratis itu di selenggarakan untuk mengantisipasi peningkatan volume kendaraan saat Natal 2023 dan tahun baru 2024 (Nataru). 

Adapun pendaftaran dilakukan secara online melalui aplikasi Mitra Darat mulai tanggal 5 – 20 Desember 2023.

“Untuk itu sesuai arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, maka kami akan menyelenggarakan Mudik Gratis di libur Nataru ini,” ujar Suharto dslam keterangan resmi, dikutip Kamis (7/12/2023).

Menurut Suharto, lembaganya menyediakan kuota 90 unit Bus AKAP dan Pariwisata dengan total 3.600 penumpang. Untuk kendaraan sepeda motor disiapkan untuk 120 unit dengan empat truk.

Bagi yang belum memiliki aplikasi Mitra Darat untuk melakukan pendaftaran, dapat mengunduh di Play Store atau App Store

Selanjutnya melakukan pendaftaran sesuai langkah-langkah yang diarahkan dari aplikasi Mitra Darat.

“Kemudian, masyarakat yang telah melakukan pendaftaran online agar melakukan verifikasi di kantor pusat Kemenhub dan GOR Bulungan Blok M untuk wilayah Jakarta, serta Terminal Pondok Cabe untuk wilayah Tangerang Selatan,” tutur Suharto.

Untuk memastikan kelayakan bus dan truk sebagai armada Mudik Gratis Nataru juga akan dilaksanakan ramp check pada 18-20 Desember 2023.

Suharto menambahkan, untuk keberangkatan sepeda motor dengan truk rencananya dilakukan pada Jumat, 22 Desember dari Terminal Tipe A Pondok Cabe dan pelepasan Mudik Gratis bagi penumpang pada Sabtu, 23 Desember 2023 dari Terminal Kampung Rambutan DKI Jakarta dan Terminal Terpadu Pulo Gebang.

Lalu untuk Kota tujuan dengan masing-masing unit berkapasitas 40 orang, yang disiapkan adalah:

1. Jakarta-Solo

2.Jakarta-Yogyakarta

3.Jakarta-Surabaya

Editor :Rizal Fauzi

Tags

Bagikan Artikel

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Scroll to Top