Minggu, 16 Juni 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Dukung Pembangunan Ekonomi Syariah di Banten, BI Ajak Sinergi Seluruh Institusi

and

| 14 Mei 2023

| 12:08 WIB

Pondok Pesantren Al-Markaz
Manajemen BI bersama para perwakilan dari sejumlah institusi di Provinsi Banten foto berkomitmen membangun ekonomi syariah. (Foto: Istimewa)

Di kesempatan yang sama, pimpinan pondok pesantren Al- Markaz Amirul Faruq mengungkapkan bahwa kurikulum agri bisnis pondok telah melewati fase yang panjang dalam berproses.

“Oleh karena itu, alhamdulillah kami bisa berprestasi dan mendapatkan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan startup pertanian. Harapan kedepan juga berdampak besar terhadap kelompok tani dan masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Markazkomobid adalah project yang diiniasi pondok pesantren Al-Markaz dengan kerjasama secara eksklusif dengan startup komobid menekankan sebagai tempat edukasi pertanian untuk Gen-Z, milenial dan kelompok tani yang meliputi bidang budidaya buah-buahan anggur, hidroponik melon dan sayur, organik dan pembibitan.

Markazkomobid yang juga direncanakan akan diresmikan pada Juli 2023 mendatang ini telah ditunjuk oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Kementan sebagai Tempat Uji Kelayakan (TUK) sertifikasi profesi pertanian dengan fasilitas green house anggur, melon, cabe, restoran, perikanan, mini garden dan dilengkapi juga dengan aneka permainan edukasi untuk anak.

Santri pondok pesantren Al-Markaz, kata Amirul Faruq, bisa menggunakan fasilitas infrastruktur pertanian modern untuk praktik yang memiliki hard dan soft competency di bidang teknologi pertanian.

“Mereka akan siap menghadapi tantangan di masyarakat sebagai pekerja professional bersertifikat atau sebagai entrepreneur di bidang pertanian, peternakan, perikanan dan pengelola jasa wisata untuk membuka lapangan kerja,” pungkasnya.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top