Rabu, 22 Mei 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Dampak El Nino, 949 Hektar Sawah di Banten Alami Kekeringan

Budi Man

| 10 Agustus 2023

| 19:00 WIB

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus M. Tauchid usai diskusi di Sekretariat Pokja Wartawan Harian dan Elektronik Provinsi Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Kamis (10/8/2023). Foto: Budiman/Ekbisbanten.com

“Maknanya selama 3 hari ada peningkatan jumlah serangan yang terkena, dan ini dipastikan terjadi pada kelompok tani yang menanam justru yang masuk pada periode akhir Juli, sehingga tanaman mereka pada umur sekitar 1 bulan,” ujarnya.

Adapun untuk mengatasi permasalahan itu, Agus mengaku sudah melakukan langkah-langkah pencegahan dan membantu para petani yang terkena dampak.

“Upaya Distan, kami sudah mengajukan kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk tambahan anggaran. Meningkatkan tambahan untuk pengadaan sumur pantek juga pompa air. Bahkan kami juga akan mengadakan pengadaan drone untuk penyemprotan hama penyakit yang ada di beberapa wilayah,” ujarnya.

“Sudah kami katakan pada petani untuk masuk pada Asuransi Usahatani Padi (AUTP) itu, satu hektar uang premi Rp36 ribu, Kalau mereka gagal panen hasil verifikasi oleh Jasindo untuk klaim asuransi 1 hektar Rp6 juta rupiah. Ini adalah upaya yang kami lakukan,” tandasnya.

Bagikan Artikel

Scroll to Top