Apa Itu Kemiskinan Ekstrem? Simak Penjelasannya

Ilustrasi Kemiskinan Ekstrem via vesctock freepik.com

EKBISBANTEN.COM – Pemerintah telah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menekankan beberapa hal yang menjadi fokus untuk ditangani pada tahun 2023 ini. Salah satu fokus pemerintah ialah kemiskinan ekstrem.

Lantas apa itu kemiskinan ekstrem? Simak penjelasannya di bawah ini

Pengertian

Merujuk website kemenkopmk.go.id, kemiskinan ekstrem ialah  kondisi ketidakmampuan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar. Kebutuhan dasar tersebut berupa makanan, air bersih, sanitasi layak, kesehatan, tempat tinggal, pendidikan dan akses informasi terhadap pendapatan dan layanan sosial.

Untuk kategori kemiskinan ekstrem sendiri, dapat dilihat dari  biaya kebutuhan hidup sehari-harinya berada dibawah garis kemiskinan ekstrem. Dengan kata lain, seseorang dikategorikan miskin ekstrem jika pengeluarannya dibawah Rp10.739,-/orang/hari atau Rp322.170,-/orang/bulan. Misalnya dalam 1 keluarga yang terdiri dari 4 orang (ayah, ibu, dan 2 anak) memiliki kemampuan untuk memenuhi pengeluarannya setara atau dibawah Rp1.288.680,- per keluarga per bulan (BPS, 2021).

Sedangkan yang menentukan garis kemiskinan ekstrem sendiri, merupakan hasil kesepakatan negara yang tergabung di PBB dan pengukurannya dilakukan oleh Bank Dunia. Sementara di Indonesia garis kemiskinan ekstrem ditetapkan oleh BPS.

Strategi Pemerintah

Masih dalam sumber yang sama, pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan ekstrem telah membuat beberapa kebijakan, diantaranya:

1. Pengurangan beban pengeluaran masyarakat melalui pemberian bantuan sosial, jaminan sosial dan subsidi berupa kelompok program atau kegiatan.

Editor :Rizal Fauzi

Tags

Bagikan Artikel

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Scroll to Top