Sabtu, 13 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

, , ,

Antar Keberangkatan Wapres Kunker ke Tiongkok, Virgojanti: Harapan Kita Neraca Perdagangan Indonesia – Tiongkok Berimbang

Rizal Fauzi

| 15 September 2023

| 09:30 WIB

Wapres KH Ma'ruf Amin dan istri sesaat sebelum berangkat kunjungan kerja ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT). (FOTO: BIRO ADPIM/EKBISBANTEN.COM)

TANGERANG, EKBISBANTEN.COM – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin bertolak ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk melakukan serangkaian kunjungan kerja Kamis (14/9/2023).

Diantar Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Provinsi Banten Virgojanti beserta segenap jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Wapres dan Wury Ma’ruf Amin dan rombongan terbatas lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta menuju Bandara Internasional Fuzhou Changle, Fuzhou, Fujian, RRT pada pukul 09.00 WIB menggunakan Pesawat Garuda Indonesia (GIA-2).

Virgojanti berharap dengan lawatan Wapres tersebut dapat membuka jaringan pasar Internasional bagi Indonesia terutama untuk produk-produk halal, terlebih negara Tiongkok banyak dikunjungi oleh berbagai negara. Bahkan beberapa produk negeri Tirai Bambu itu juga masuk ke Indonesia.

“Harapan kita neraca perdagangan Indonesia-Tiongkok dapat berimbang,” ungkap Virgojanti.

Sebelumnya, Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi dalam keterangannya sesaat sebelum berangkat mendampingi Wapres dalam kunjungan tersebut, mengatakan Wapres KH Ma’ruf Amin beserta rombongan akan melakukan kunjungan kerja selama beberapa hari ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

“Pagi hari ini Wapres akan melakukan kunjungan ke negara Tiongkok dalam waktu beberapa hari,” ungkap Masduki Baidlowi dalam keterangannya.

Dikatakan, dalam lawatan ke negeri Tirai Bambu selama beberapa hari ke depan tersebut, Wapres akan mengunjungi Kota Fuzhou, Nanning, dan Shanghai. Di Fuzhou, Provinsi Fujian, Wapres akan melakukan beberapa agenda kerja, termasuk melakukan pertemuan dengan Sekretaris CPC Komite Provinsi Fujian/Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Provinsi Fujian, Zhou Zuyi. Ini merupakan pertemuan balasan yang sebelumnya, Zhou Zuyi juga pernah bertemu Wapres di Istana Wapres pada Selasa (09/05/2023) lalu.

Selain melakukan pertemuan dengan Zhou Zuyi, lanjut Cak Duki, di kota tersebut Wapres juga akan bertemu dengan para pengusaha Fujian yang bergerak di sektor halal, seperti usaha makanan produk kelautan, minuman, dan logistik rantai pasok makanan beku.

“Ini sangat penting karena memang Indonesia bercita-cita ingin menjadi negara yang memproduksi barang-barang halal terbesar di dunia. Selama ini Indonesia hanya menjadi pemakai, nanti akan menjadi produsen. Dalam kontek inilah maka Wapres bertemu dengan para pengusaha halal yang ada di Provinsi Fujian,” urainya.

Setelah menyelesaikan agenda kerjanya di Fuzhou, Wapres kemudian beranjak ke Kota Nanning, Wilayah Otonomi Guangxi untuk melakukan courtesy call dengan Perdana Menteri (PM) RRT, Li Qiang, dan juga bertemu dengan Gubernur Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, Lan Tianli.Lebih jauh, Masduki menyebutkan bahwa pada Minggu pagi (17/09/2023), Wapres akan menghadiri acara Pembukaan China-ASEAN Expo (CAEXPO) 2023 dan 20th China-ASEAN Business Investment Summit di Osmanthus Hall, Nanning International Convention and Exhibition Center (NICEC).

“Jadi ini adalah pertemuan para pengusaha baik dari ASEAN dan dari Tiongkok untuk bertemu di sana. Ini adalah pertemuan yang juga diharapkan akan melahirkan banyak kesepakatan-kesepakatan antara pengusaha-pengusaha Tiongkok dan pengusaha-pengusaha Indonesia,” paparnya.**

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top