Rabu, 22 Mei 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Akarsari Culture Festival di Pandeglang Bakal Jadi Kalender Event Tahunan

Admin

| 19 Juli 2023

| 01:11 WIB

Asda Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Kabupaten Pandeglang Hj Nuriah foto bersama dengan Forkompimda Pandeglang pada acara Akarsari Culture Festival di Alun-alun Kecamatan Saketi, pada Selasa, 18 Juli 2023. (FOTO: TIM ACF FOR EKBISBANTEN.COM)

BACA: Orang Kaya RI Sumbang Rp80,7 Triliun untuk Iuran BPJS Kesehatan

“Karena di kegiatan ACF ini ada 3 point, yang pertama menjaga alam, yaitu dengan kegiatan penanaman pohon. Kemudian dari budaya kita ada beragam pertunjukan pentas seni. Selain itu ada bazar UMKM pemberdayaan ekonomi dari beberapa Desa. Intinya sekali lagi sangat mendukung pada kegiatan Akarsari Culture Festival ini,” tandasnya.

Sementara itu, Asda Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Kabupaten Pandeglang Hj Nuriah mengapresiasi acara kegiatan Akarsari Culture Festival tersebut.

“Intinya saya mengapresiasi, ini kan muncul dari inisiatif dan kreatif dari masyarakat sendiri. Dan ini sangat membantu terhadap pemerintah bagaimana untuk menampung mereka masyarakat yang punya kreativitas terutama di dalam pengembangan UMKM.
Karena masyarakat kita sebenarnya potensinya cukup banyak, harus terus diapacu perbaikan kedepan,” tuturnya.

Ia juga mengaku mendukung jika kegiatan Akarsari Culture Festival masuk kedalam kalender event tahunan di Kabupaten Pandeglang.

“Pemkab Pandeglang selama kegiatan itu positif muncul dari masyarakat dan bisa membangkitkan ekonomi, terutama masyarakat yang mempunyai usaha kecil, menengah, mikro, tidak akan menghalangi kegiatan yang bisa menimbulkan dan membawa perubahan perbaikan kedepan. Insyaallah kita dukung,” ujarnya.

Terkait dukungan anggaran, yang bisa dialokasikan untuk acara tersebut, Nuriah mengaku secara teknis hal tersebut dapat ditempuh sesuai prosedur yang ada. Namun para prinsipnya, kata Nuriah, Pemkab Pandeglang siap mensupport kegiatan positif tersebut.

“Kalau bicara dana silahkan nanti ada tahapan-tahapan dan usulannya, nanti nempelnya di OPD mana, apakah di pariwisata, atau di indagpas karena di situ ada koperasi dan UMKM kita padukan,” tuturnya.

Sementara terkait keragaman budaya di Kabupaten Pandeglang, Nuriah menilai jika budaya di Pandeglang memiliki potensi daya tarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Pandeglang.

“Budaya ini kan bisa kita jual dan dipromosikan. Mendatangan bagaimana minat pariwisata datang ke Kabupaten Pandeglang dan budaya ini wajib kita lestarikan juga, supaya nanti anak-anak generasi muda yang akan datang tidak akan lupa bagaimana sih Culture Pandeglang sebetulnya,” imbuhnya.

“Seperti yang baru saja tadi saya lihat apa itu Hatong ya, oh berarti disini ada Hatong. Itukan salah satu seni yang memang harus kita lestarikan, dan itu memang positif. Dan itu bisa memancing para wisatawan datang ke Kabupaten Pandeglang, tinggal kita mengolahnya dimana dia ditempatkan, siapa yang harus menaunginya seperti itu,” sambungnya.

Nuriah berharap, kegiatan positif seperti Akarsari Culture Festival ini kedepan bisa diagendakan di Desa-desa lain sehingga promosi dan peningkatan ekonomi di Pandeglang dapat merata.*

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Scroll to Top