YouTube Works Awards Diluncurkan di Indonesia

23
Foto ilustrasi. Foto: Merdeka.com

JAKARTA, EKBISBANTEN.COM – Sebagai pengakuan terhadap adaptabilitas pemasar dengan pola pikir digital-first, YouTube Works Awards edisi pertama di Indonesia kini telah mulai menerima pendaftaran. Bermitra dengan Kantar dan Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) pada proses penjurian, penghargaan ini akan memilih kampanye yang dirilis di YouTube antara 1 Januari 2019 hingga 31 Mei 2021.

Kampanye tersebut harus sudah meningkatkan hasil bisnis dan memperlihatkan kreativitas dalam hal perencanaan media, penceritaan, serta kolaborasi strategis dan kreatif antara brand & kreator.

Tim marketing, media, kreatif, dan agensi dapat mengirimkan entri kampanye digital inovatif mereka melalui yt.be/works/id hingga 31 Mei, 2021. Syarat dan ketentuan ada di sini. Pemenang akan diumumkan pada September 2021. YouTube Works Awards akan dinilai oleh panel juri terkenal yang terdiri dari pemimpin bisnis dan pemasar yang paling disegani di Indonesia.

Dalam keterngan tertulis yang diterima Ekbisbanten.com, Kamis (29/3), delapan kategorinya yaitu: Best YouTube Innovation, Best Collaboration: Brand & YouTube Creators, Best Media Orchestration, The Unskippable, Best Storytelling, Best Creative Personalization, Best Creative Effectiveness, dan Force for Good. Selain itu, Grand Prix akan diberikan kepada satu pemenang kategori yang paling baik dalam menunjukkan hasil cemerlang, penceritaan, dan keefektifan kampanyenya.

“Kami membawa YouTube Works Awards ke Indonesia dengan antusias,” jelas Veronica Utami, Marketing Director, Indonesia, Filipina, dan SEA YouTube & NBU.

“YouTube telah memberikan jangkauan dan skala masif yang mendorong dampak bisnis nyata di Indonesia melalui penceritaan yang hebat. Ini memberikan peluang untuk menghargai karya yang berhasil. Kami berharap untuk menyorot pengiklan dan agensi kreatif/media yang telah menghasilkan karya yang menginspirasi, memukau audiens, dan meningkatkan hasil bisnis,” tambah Veronica.

Juri lainnya, Ranjana Singh, CEO dari WPP mengatakan, kreativitas dalam konten digital adalah salah satu faktor penjual utama dalam layanan atau produk yang sedang dipromosikan.

“Kampanye pemasaran yang sukses harus menjadi pengaruh positif terhadap bisnis. Penghargaan ini akan mengevaluasi apakah sinergi antara kreativitas dan teknologi sudah berhasil, didukung oleh wawasan dari YouTube yang membantu kampanye pemasaran menjangkau pelanggan yang dibidiknya. Saya tidak sabar ingin melihat kiriman mengagumkan dari Indonesia dan bekerja sama dengan juri untuk memilih yang terbaik,” katanya.

Rachel Goh, CMO dari Telkomsel, menambahkan, pihaknya senang sekali menjadi juri untuk YouTube Works Awards yang pertama.

“Tak diragukan lagi, konten digital sangat penting untuk meraih konsumen. Interaksi pelanggan harus semakin unik supaya lebih tampil beda, interaksi harus memiliki rasa personal dan harus ‘klik’ dengan konsumen. Brand harus menceritakan kisah dan membangun kepribadian brand-nya dengan komunitas pelanggannya. Ini hanya bisa diwujudkan melalui pemahaman mendalam tentang konsumen dan pengakuan yang didukung oleh data. YouTube telah menjadi platform yang tepat bagi brand untuk mengenal dan menjangkau konsumen. Saya sangat menantikan acara penghargaan ini untuk mengapresiasi pemasar yang dapat menginspirasi orang lain terkait bagaimana meraih dan menjangkau konsumen dalam era digital ini,” kata Rachel Goh.

Angga Dwimas Sasongko, sutradara film, mengatakan, di YouTube kita bisa melihat iklan yang ditayangkan dalam berbagai durasi, mulai dari yang singkat hingga berupa web series.

“Hal ini tentu disajikan oleh para brand dengan mengolah data karakter audiens dan menggunakan kreativitas untuk menghasilkan karya yang mampu menarik perhatian bahkan mendorong penonton untuk menggunakan produk atau jasa mereka. Pada YouTube Works Award pertama ini, saya bersama juri lainnya akan memilih karya terbaik dari para brand. Saya berharap, penghargaan ini dapat semakin menginspirasi dan memotivasi para brand untuk terus menghadirkan iklan yang relevan dengan konsumen mereka,” katanya.

Penghargaan ini – yang diselenggarakan di lebih dari 20 negara, termasuk AS, Inggris Raya, Jepang, Korea, Malaysia, dan Vietnam – berbeda dalam hal bagaimana kampanye secara kreatif, strategis, dan efektif memaksimalkan YouTube untuk meraih hasil bisnis yang dapat dibuktikan. Penghargaan terbaru untuk kampanye YouTube antara lain:

Samsung Electronics, Starcom, R/GA dan Digitas North America (Amerika Serikat, 2020):

Kampanye Next-Level Hijack” berhasil meningkatkan pertimbangan pembelian keseluruhan sebesar 557%.

IKEA Canada, Jungle Media, dan Rethink Canada (Kanada 2019):

Kampanye “Bedtime” berhasil meningkatkan personalisasi secara signifikan dan mendorong ketertarikan merek sebesar 673%.

Quaker Oats, PepsiCo, dan AMV BBDO (Inggris Raya 2019):

Kampanye “Demonstrating the Power of the Oat” mendorong peningkatan 122% dalam ketertarikan terhadap brand.

(*/Ismet)