XL Axiata Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir dan Tanah Longsor di Lebak dan Pandeglang

26
Territory Sales Manager XL Axiata Lebak Area, Aditya Dwi Pradana (tengah) secara simbolis menyerahkan bantuan darurat kepada Plt. Kepala Pelaksana BPBD Kab. Lebak-Banten, Febby Rizky Pratama di Posko Utama BPBD Kabupaten Lebak pada Selasa (8/12).

EKBISBANTEN.COM – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bersama Majelis Ta’lim XL Axiata (MTXL) menyalurkan bantuan untuk warga korban bencana banjir dan tanah lonsor di wilayah Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang, Banten.

Bantuan darurat berupa barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari seperti makanan dan minuman siap saji, air bersih, obat-obatan serta perlengkapan kebersihan telah diserahkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak dan Pandeglang pada Selasa (8/12).

Mewakili manajemen, Head Sales XL Axiata Banten Outer Area Tom Dedi dan Territory Sales Manager XL Axiata Lebak Area, Aditya Dwi Pradana kepada Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak-Banten, Febby Rizky Pratama. 
 
Region Group Head XL Axiata Jabodetabek, Francky Rinaldo Pakpahan mengatakan, melalui BPBD, selanjutnya donasi dari XL Axiata akan di distribusikan kepada warga yang menjadi korban di 21 kecamatan di Kabupaten Lebak dan 9 kecamatan di Kabupaten Pandeglang.

“Kami juga mendirikan posko bantuan yang akan dilengkapi dengan akses internet gratis dan tempat untuk mengisi daya listrik untuk ponsel, untuk bisa dimanfaatkan oleh warga dan aparat melakukan komunikasi ke luar wilayah. Bantuan ini bentuk kepedulian kami kepada warga masyarakat Lebak dan Pandeglang yang tertimpa musibah. Semoga bantuan yang kami berikan dapat meringankan beban para korban.”
 
Francky menambahkan, posko banjir yang didirikan XL Axiata berlokasi di Desa Girimukti, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak. Fasilitas posko tersedia akses internet gratis yang bisa dimanfaatkan warga, relawan, juga aparat penanganan bencana. Mereka pun bisa mendapatkan kartu perdana internet secara gratis. Semua fasilitas tersebut XL Axiata sediakan agar mempermudah penyebaran informasi mengenai kondisi terbaru dari daerah bencana. Dalam penyaluran bantuan ini, XL Axiata mendapatkan dukungan dari dua mitra distributor resmi yakni PT. Akses Lintas Nusantara dan PT. Speedy Lintas Gemilang.
 
“Posko akan kami dirikan di lokasi tersebut sampai nanti kondisi telah kembali pulih. Dengan adanya posko tersebut kami juga sekalilgus bisa memantau situasi dan kondisi yang berkembang, termasuk berkaitan dengan upaya kami untuk memastikan jaringan infrastruktur di sana. Tentu kami berharap kondisi akan segera pulih sehingga masyarakat setempat bisa kembali beraktivitas normal,” lanjut Francky.
 
Secara keseluruhan jaringan XL Axiata di sekitar area bencana banjir dan tanah longsor tersebut masih aman dan pelanggan masih bisa menggunakan layanan XL Axiata. Ada beberapa BTS yang terdampak karena padamnya aliran listrik namun bisa segera diatasi dengan mengerahkan genset. Dengan demikian pelanggan tetap bisa memanfaatkan layanan XL Axiata. Jaringan XL Axiata di wilayah Kabupaten Lebak ditopang oleh lebih dari 800 BTS, termasuk sekitar 600 BTS 3G/4G, sedangkan lebih dari 900 BTS, termasuk sekitar 700 BTS 3G/4G telah melayani masyarakat di Kabupaten Pandeglang.
 
Banjir dan tanah longsor melanda 21 kecamatan wilayah Kabupaten Lebak dan 9 kecamatan di Kabupaten Pandeglang pada 7 Desember 2020. Berdasarkan data BPBD, setidaknya ada sepuluh titik akses jalan terputus karena jalan amblas dan dua jembatan gantung ambruk diantaranya di kecamatan Bojong Manik, Lewidamar, Sajira hingga Malingping. Selain merusak fasilitas umum, ribuan rumah warga terendam banjir dan puluhan rumah rusak akibat longsor. (*/Raden)