XL Axiata Raih Penghargaan Penerapan GCG

9
Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini. Dok/XL Axiata

JAKARTA, EKBISBANTEN.COM – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali meraih penghargaan dari public, terkait penerapan tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance (GCG) di sepanjang 2020 lalu.

Penghargaan ini diraih dalam ajang “The 12th IICD Corporate Governance Awards” yang diselenggarakan oleh Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD).

XL Axiata berhasil meraih dua penghargaan sekaligus, yaitu masing-masing Top 50 Big Capitalization Public Listed Company dan  Best Non-Financial Sector for Big Capitalization Public Listed Company.  
 
Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan, Good Corporate Governance (GCG) harus XL Axiata laksanakan sebaik-baiknya mengingat XL Axiata adalah perusahaan terbuka.

“Jadi, kami memang memiliki kewajiban untuk melaksanakan GCG ini sebaik mungkin sebagai tanggung jawab profesional kami. Penghargaan ini tentu semakin meyakinkan bahwa apa yang sudah kami laksanakan terkait GCG sudah benar dan sesuai dengan harapan para pemangku kepentingan,” kata Dian dalam keterangan tertulis, Senin (14/6).
 
Penghargaan Top 50 Big Capitalization Public Listed Company diberikan kepada 50 emiten dengan kapitalisasi pasar terbesar yang melakukan praktik tata kelola perusahaan terbaik di Indonesia.

Penilaiannya dilakukan menggunakan metode berdasarkan Asean Corporate Governance Scorecard.  Sementara itu, untuk kategori Best Non-Financial Sector diberikan kepada emiten yang bergerak di bidang usaha selain sektor keuangan yang menjalankan praktik GCG paling baik di antara emiten non-sektor keuangan lainnya berdasarkan peniliaian dari IICD.
 
XL Axiata hampir setiap tahun meraih penghargaan untuk implementasi GCG, penghargaan ini merupakan penghargaan ke-12 yang diterima oleh XL Axiata sejak tahun 2013. Pada tahun-tahun sebelumnya XL Axiata pernah meraih penghargaan sejenis, yaitu, penghargaan dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia untuk kategori Keberlanjutan – Tata Kelola Perusahaan yang Baik, pada tahun 2020. (*/Raden)