Sabtu, 18 Mei 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Wisata Keluarga di Serang, Sangat Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Ismatullah

| 10 April 2024

| 12:24 WIB

Puluhan bikers Honda CB150X berpose di depan Mercusuar Cikoneng Titik Nol Anyer, Sabtu (17/6/2022). (FOTO: DOK. MKS HONDA BANTEN)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Jadi daerah tujuan wisata di Banten, Kabupaten Serang banyak menawarkan berbagai pilihan destinasi wisata keluarga yang menarik.

Di antara keunggulan Kabupaten Serang adalah, banyak menawarkan wisata alam yang indah sperti Pantai Anyer, Curug Cikotak, Pantai Karang Bolong, Pantai Pasir Putih Sirih, Wisata Bahari Pulau Tunda dan masih banyak lagi. Deretan wisata alam itu banyak dikunjungi wisatawan lokal hingga mancanegara, sehingga sangat cocok untuk foto-foto dan berlibur bersama keluarga.

Wisata keluarga di Serang

Berikut merupakan daftar rekomendasi wisata bersama keluarga dan orang terdekat di Kabupaten Serang bisa Anda kunjungi saat libur Lebaran:

  1. Curug Cikotak

Bagi pecinta wisata alam, di Kabupaten Serang ada sebuah curug atau air terjun yang luar biasa indah dan menawan yang patut Anda kunjungi.

Bagi Anda yang tertarik datang ke lokasi Curug ini bernama Curug Cikotak. Lokasinya terletak di Kampung Cikotak, Desa Cibojong, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Banten.

Dari sisi topografi, Curug Cikotak mempunyai tinggi kurang lebih 40 meter. Dengan tebing dan pepohonan yang tumbuh di sampingnya. Debitnya cukup deras dan adanya kolam alami yang sangat jernih.

Waktu terbaik mengunjungi curug ini adalah saat musim pancaroba. Karena, di musim penghujan air cenderung menjadi keruh.

Anda bisa menikmati curug ini dengan berenang atau sekedar duduk di atas bebatuan.

Untuk harga tiket masuk ke wisata Curug Cikotak cukup terjangkau. Tarif untuk roda dua Rp 10 ribu dan Rp 15.000 untuk roda empat.

  1. Menara Suar Cikoneng

Lokasi Menara Suar Cikoneng terletak di JL Raya Bandulu Anyer, Km. 131, Cikoneng, Kec. Anyar, Kabupaten Serang.

Mercusuar Cikoneng menjadi salah satu saksi bisu berbagai sejarah Indonesia. Awalnya, menara ini merupakan bagian proyek Jalan Raya Pos sejauh seribu kilometer. Pada 1883, mercusuar itu pernah luluh lantak karena letusan Gunung Krakatau. Raya Belanda ZM Willem III lalu memberikan hadiah untuk menggantikan menara yang lama.

Menara Suar Cikoneng difungsikan untuk membantu navigasi kapal supaya tetap selamat saat berlayar. Selain itu, mercusuar ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Kabupaten Serang yang banyak dikunjungi warga karena menawarkan pemandangan alam dan pantai Serang dari lantai atas mercusuar.

  1. Pulau Sangiang

Pulau Sangiang terletak di Selat Sunda antara Pulau Jawa dan Sumatra. Pulau ini secara administratif berada dalam Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Awalnya, Pulau Sangiang adalah cagar alam dengan luas mencapai 700 hektar, terkenal karena potensi alam lautnya yang istimewa. Seiring dengan meningkatnya kunjungan wisatawan, pada tahun 1991, perairan sekitarnya diubah menjadi Taman Wisata Alam dan Laut (TWA). Pada tanggal 8 Februari 1993, SK Menteri Kehutanan No 55/kpts-11/1993 mengubah peran cagar alam menjadi Taman Wisata Alam.

  1. Pantai Cibeureum Anyer

Pantai Cibeureum terletak Jalam Raya Karang Bolong No. 137, Kamasan, Cinangka, Kabupaten Serang, Banten.

Pantai ini dikenal bersih dan bebas sampah karena dikelola oleh warga sekitar. Wajar jika Pantai Cibeureum Anyer banyak dikunjungi wisatawan.

Selain itu, Pantai Cibeureum Anyer juga menawarkab pemandangan dan udara yang sejuk membuat para pengunjung wajib mengunjungi tempat ini.

  1. Pantai Pasir Putih Florida

Pantai Pasir Putih Florida menjadi salah satu wisata di Kabupaten Serang yang menarik untuk dikunjungi. Lokasinya terletak di daerah Cinangka, Kabupaten Serang.

Pantai Pasir Putih Florida memiliki pemandangan indah dan tentunya dapat menikmati sunset yang cantik. Sehingga sangat cocok mengajak keluarga berlibur ke wisata ini.

  1. Pulau Tunda

Pulau Tunda merupakan wisata bahari yang masih terjaga kelestariannya di Kabupaten Serang. Bagi Anda yang bekunjung ke tampt ini, Wisata Pulau Tunda dapat diisi kegiatan menarik dengan snorkeling, diving, menikmati sunset dan sunrise, memancing, juga terkadang melihat gerombolan lumba-lumba di sekitar pulau.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Scroll to Top