Warga Serang Bisa Manfaatkan E-Pusda Selama Perpustakaan Kota Serang Ditutup

52
Dok. Istimewa

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Masyarakat Kota Serang dapat menggunakan akses online E-Pusda selama Perpustakaan Kota (Puskot) Serang ditutup atau buka satu minggu setelah pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat di Kota Serang yang akan berakhir 20 Juli 2021.

“Kita seminggu (setelah PPKM) masih off dulu, setelah itu baru kita buka sekitar tanggal 28 Juli,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DKP) Kota Serang Wahyu Nurjamil saat ditemui di Puskot Serang, Senin (12/7).

“Jadi pemustaka dapat mengakses secara online melalui E-pusda bisa didownload di Playstore,” sambung Wahyu.

Ia juga mengatakan saat ini trafik layanan E-Pusda dan layanan antar pinjam mengalami kenaikan.

“Biasanya sehari itu dua atau tiga buku, sekarang mencapai enam buku perharinya,” tuturnya.

Kata dia, pelayanan melalui antar pinjam lebih efektif. Hal itu dikarenakan kebanyakan peminjam berada di Rumah dan kos-kosan.

Lanjutnya, peminjam hanya tinggal menyebutkan tema buku yang dibutuhkan. Misalnya buku yang bertema pemerintahan.

Maka pihaknya akan memberikan refrensi buku pemerintahan dengan mengirimkan foto bku yang tersedia. Setelah itu, pihaknya akan mengirimkan buku yang sudah dipilih oleh peminjam.

“Kirim tanda terima seminggu lagi jemput lagi. Lebih memudahkan mereka juga,” ujarnya.

Meskipun pelayanan Puskot Serang diberhentikan sementara para pemustaka dapat meminjam buku di Perpustakaan Gedung Juang, akan tetapi harus mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

“Untuk di gedung juang itu kita hanya bisa 25 persen saja. Tetapi memang selama ini kunjungan memang tidak banyak pengunjung selama PPKM ini,” katanya.

Untuk satu ruangan di Perpustakaan Gedung Juang mempunyai kapasitas 50 orang. Akan tetapi saat ini hanya dapat diakses 12 sampai 13 orang atau 25 persennya saja. Kata dia, pengunjung yang akan memasuki perpustakaan gedung juang akan di jeda perdua pengunjung. (*/Red)