Warga Persada Serang Sulap Lahan Fasum dan Fasos Jadi Taman Kuliner

83
Wakil Walikota Serang Subadri Usuludin saat meresmikan Taman Kuliner Pandawa di Perumahan Persada. (Foto/Abdur Rohman/Ekbisbanten.com)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Lahan Fasilitas umum dan Fasilitas sosial (fasum & fasos) tak terurus di Perumahan Persada, Serang Banten disulap jadi taman kuliner oleh warga dengan konsep “Taman Kuliner Pandawa”.

Wakil Walikota Serang Subadri Usuludin mengatakan, menyambut momen Bulan Suci Ramadhan, warga blok D Perumahan Persada Banten mempunyai inisiatif memanfaatkan lahan fasos yang tidak terurus menjadi sentral UMKM lokal.

Pemanfaatan lahan untuk taman kuliner ini bermanfaat untuk warga dan menjadi inspirasi buat warga lain,” ungkap Subadri kepada wartawan di Taman Kuliner Pandawa Perumahan Persada Banten, Sabtu (10/4).

Subadri berharap, dengan adanya inisatif warga ini, bisa menjadi motivasi bagi warga lainnya untuk melakukan hal serupa.

“Harapannya tidak hanya di blok D tapi masih banyak lahan Fasum dan Fasos lain yang bisa dimanfaatkan,” sambung Subadri.

Sementara itu, Ketua RT 06 Imam Taufik mengungkapkan, gagasan ini timbul dari keinginan masyarakat untuk bisa memberikan tempat bagi warga untuk berjualan di bulan ramadhan.

“Taman Kuliner ini dari warga untuk warga. jadi, dibuat dari kas RT untuk warga agar bisa berjualan,” ungkapnya.

Dari pada jadi tempat rumput liat mending lahan Fasos ini kita jadikan taman kuliner, Kata Imam. Ia mengatakan saat ini tersedia sembilan kuliner menarik yang disiapkan.

“Kalau biaya sewa 400 ribu untuk warga blok D dan 600 ribu untuk warga di luar blok D perbulannya. Uang hasil sewa kami masukan untuk kas RT” katanya.

Ditempat yang sama, Pengelola Taman Kuliner Pandawa Teguh Nugroho mengatakan, dana yang dikeluarkan untuk pemanfaatan lahan ini berasal dari kas RT.

“Alhamdulillah disupport oleh Pemerintah Kota Serang berupa bantuan dana juga,” tutupnya. (Rohman/Raden)