Wagub, Kapolda Banten Hingga Walikota Serang Sambangi Padepokan Debus Surosowan

21
FOTO: HUMAS PEMKOT SERANG

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Wakil Gubernur Banten Andika Harzumy bersama Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Hariyanto Adi Nugroho dan Wali Kota Serang Syafrudin mengunjungi Padepokan Debus Surosowan, di Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Senin (21/2).

Kunjungan mereka dalam memperkuat silaturahmi sekaligus meningkatkan koordinasi lintas sektoral dalam menciptakan ketertiban dan keamanana di Banten.

Wagub Banten Andika Harzumy mengungkapkan, koordinasi dan konsolidasi penting dilakukan agar tercipta keamaman dan kenyamanan di tengah masyarakat tetap kondusif.

“Karena apabila dilihat dari peristiwa politik, dan lainnya, diharapkan pendekar ini bisa berkolaborasi dengan semua pihak termasuk Polri dan TNI juga,” kata Wagub.

Apalagi kata Wagub, Kapolda Banten merupakan pembina dari seluruh keluarga pendekar di Banten. Sehingga, misi padepokan bisa beriringan dengan misi Polda Banten dalam mewujudkan ketertiban di tengah masyarakat.

“Salah satu moto pendekar Banten bela diri, bela negara, bela bangsa. Itu moto untuk bagaimana menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibnas),” kata Andika

Sementara itu, Wali Kota Serang Syafrudin mengungkapkan, kunjungan ke Padepokan Debus Surosowan sebagai bentuk silaturahim sekaligus memperkenalkan kebudayaan kesenian Debus Padepokan surosowan yang telah berdiri pada tahun 1957.

“Alhamdulillah padepokan tersebut sudah pernah ke Mancanegara pada avent – event internasional. Debus ini juga merupakan icon yang mampu mengangkat kebudayaan, khususnya kebudayaan di Kota Serang,” katanya.

Ia menambahkan, Pemerintah Kota Serang terus berupaya melakukan pembinaan dalam bidang kebudayaan.

“Untuk itu semoga generasi muda di Kota Serang mampu mengembangkan warisan kebudayaan leluhur, sehingga kebudayaan pencak silat dan debus tetap eksis mewarnai pembangunan di Kota Serang,” pungkasnya. (yohana/ismet)