Vaksinasi Warga Lansia di Kota Serang Baru 16 Persen dari Target, Jemput Bola Tidak Efektif

6
Wakil Walikota Serang Subadri Usuludin saat memberikan keterangan kepada wartawan di Pusat Pemerintahan Kota Serang, Selasa (18/5). (Foto: Istimewa)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Pencapaian vaksinasi Covid-19 bagi warga lanjut usia atau lansia di Kota Serang baru 16 persen dari target 23.000 warga lansia.

Padahal, untuk mencapai target itu, sudah ada layanan antar-jemput yang diterapkan untuk membantu warga lansia yang tidak memiliki pendamping.

“Ya buktinya baru 16 persen (Vaksinasi Lansia) dari laporan Dinkes,” Kata Wakil Walikota Serang Subadri Usuludin kepada wartawan di Pusat Pemerintahan Kota Serang, Selasa (18/5).

Kata dia, belum efektifnya vaksinasi melalui jemput boka itu banyaknya isu-isu hoax yang beredar di kalangan masyarakat Kota Serang. Sehingga warga lansia banyak yang enggan diberikan vaksin.

“Kita sadari dan kita ketahui bersama bahwa vaksin ini kan (ada) isu-isu hoax yang sudah merebah ke masyarakat,” katanya.

Untuk itu Subadri mengaku, Pemkot Serang akan mengambil langkah menggelar gebyar lansia pada hari peringatan lansia di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Serang, Jumat (21/5) besok.

“Untuk menggenjot target mencapai 25.000 itu harus ada kiat-kiat khusus harus ada alternatif khusus maka di adakannya gebyar dalam rangka vaksinasi lansia,” Katanya.

Lanjutnya, pada hari lansia nanti Pemkot Serang menargetkan setidaknya 50 persen dari 23.000 lansia yang ada di Kota Serang dapat divaksinasi.

“Sebanyak mungkin, nyampelah mudah-mudahan di gebyar ini dari 16 persen menjadi 50 persen,” katanya.

Pihaknya menambahkan, untuk persyaratan vaksinasi lansia nantinya diwajibkan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan persyaratan lainnya.

“Tentu kami melibatkan camat, lurah, kader posyandu beberapa puskesmas untuk mengarahkan sekaligus memobilisasi mereka (lansia) dari kediaman ketempat yang sudah ditentukan pemerintah kota,” pungkasnya. (Red/Ismet)