Vaksinasi Booster Baru Bisa Dilakukan di 4 Kabupaten/Kota di Banten, Apa Syaratnya ?

11
Foto: Dinkes Banten for Ekbisbanten.com

PANDEGLANG, EKBISBANTEN.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten mulai melakukan vaksinasi lanjutan (booster) pada 12 Januari 2021 di empat kabupaten/kota diantaranya, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan dan Kabupaten Serang.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan, baru ada empat kabupaten/kota di Banten yang sudah mencapai vaksinasi dosis pertama sebesar 70 persen dan untuk dosis lansia 60 persen.

“Vaksinasi booster ini diprioritaskan untuk para lansia, masyarakat rentan, dan masyarakat dengan imuno compremise, jadi baru ada empat domisili yang memenuhi syarat,” kata Ati saat dikonfirmasi Ekbisbanten.com, Rabu (12/1).

Ati melanjutkan, syarat yang harus dipenuhi oleh masyarakat yang hendak melakukan vaksinasi booster yang pertama adalah sudah melakukan vaksinasi primer dosis satu dan dua.

“Artinya maayrakat yang sudah mendapat vaksinasi dosis pertama dan dosis kedua. Kemudian syarat kedua yaitu stelah 6 bulan pemberian vaksin dosis kedua baru bisa mendapat vaksin booster ini, syarat ketiga, adalah dilakukan untuk usia 18 tahun keatas,” terang Ati.

Masih kata Ati, layanan vaksin booster dapat masyarakat akses secara gratis melalui 246 puskesmas dan juga diseluruh dan RSUD di Provinsi Banten.

(Dinkes) Banten juga mencatat realisasi vaksin dosis 1 di Provinsi Banten hingga 10 Januari 2021 mencapai 81 persen atau dari target 9,2 juta orang baru tervaksin 7,4 juta jiwa.

Melansir data dari Dinkes Provinsi Banten, dari 8 kabupaten/kota, Kota Tangerang menduduki urutan pertama dengan capaian vaksin dosis 1 sebesar 104 persen, kemudian Tangerang Selatan 95 persen, Kabupaten Tangerang 82 persen, Kota Serang 92 persen, Lebak 64 persen, Kabupaten Pandeglang 71 persen, Kabupaten Serang 52 persen, dan Cilegon 81 persen.

“Untuk capaian vaksinasi selalu kami tayangkan di medsos dan IG Dinkes Provinsi Banten dari hasil pelaksanaan vaksinasi covid-19 sd tgl 10-01-2022. Dan ini baru selesai vicon dengan Menkes RI,” ungkap Ati.

Sementara itu, realisasi untuk vaksin dosis 2 di Banten mencapai 54 persen atau sebanyak 5 juta jiwa dari target sasaran yang ditetapkan.

“Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di instagram Dinkes Provinsi Banten,” katanya.

Lebih rinci lagi, realisasi vaksin dosis ke 2 di Kota Tangerang sebesar 70 persen, kemudian Tangerang Selatan 70 persen, Kabupaten Tangerang 59 persen, Kota Serang 69 persen, Lebak 38 persen, Pandeglang 36 persen, Kabupaten Serang 28 persen, dan Cilegon 69 persen.

“Jumlah keseluruhan sasaran vaksin sebanyak 9.229.383 jiwa,” ujarnya.**