Unpam Edukasi Siswa SMK Khazanah Kebajikan Terkait Penerapan Hukum Terhadap Kekerasan Anak

73
Kegiatan edukasi Mahasiswa PKM Hukum Unpam di SMK Khasanah Kebajikan. (FOTO: ISTIMEWA)

TANGERANG, EKBISBANTEN.COM – Universitas Pamulang (Unpam) melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Fakultas Hukum di SMK Khazanah Kebajikan yang bertempat di Pondok Cabe Ilir, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Sabtu (9/4).

Dosen Pembimbing PKM Fakultas Hukum Unpam Supiyati mengatakan, PKM ini merupakan upaya dalam mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk senantiasa memberikan sumbangsih keilmuan yang diperoleh mahasiswa selama menempuh pembelajaran di Perguruan Tinggi. Dengan adanya PKM juga dapat menjalin silaturahmi antar pihak-pihak yang bersangkutan dalam kegiatan tersebut.

“Materi yang berhubungan langsung dengan Hukum diharapkan dapat dipahami terkhususnya siswa sebagai anak yang mana merupakan pilar masa depan dalam hal mengetahui pentingnya perlindungan hukum khususnya terhadap kekerasan anak, juga dampak serta sanksi yang ada,” papar Supiyati yang turut serta memantau jalannya kegiatan PKM tersebut.

Menutnya, kasus kekerasan terhadap anak bukan hal yang baru dan tercatat dengan jumlah yang tidak sedikit, kekerasan paling banyak dilaporkan terjadi pada anak dengan usia pendidikan SMA atau sederajat.

“Anak-anak akan tumbuh berkembang menjadi generasi penerus hak dan kewajiban generasi sebelumnya, demikian secara berkesinambungan. Anak-anak menjadi harapan bangsa, tunas bangsa, generasi penerus bangsa, yang akan melanjutkan perjuangan hidup bangsa. Melihat pentingnya peranan yang dimainkan oleh anak, sudah seharusnya anak-anak dijauhkan dari kekerasan dalam bentuk apapun. Dan diberikan pemahaman akan pentingnya perlindungan Hukum terhadap kekerasan anak,” kata Sarah Rahma Dwiyanti selaku ketua pelaksana PKM.

Rangkaian acara kegiatan PKM tersebut di Moderatori oleh Alfian Hardiansyah selaku anggota PKM. Dan ditutup dengan sesi diskusi tanya jawab berkaitan dengan hukum kekerasan anak yang mana dalam hal ini Aldi Rivaldi, Velia Tina Annisa dan Oktaviani selaku anggota PKM turut berperan Aktif memberikan jawaban terhadap pertanyaan para siswa yang sangat antusias dengan keingintahuan mereka terhadap materi yang dipaparkan.

Terselenggaranya kegiatan tersebut dihadiri oleh Eva Saputri selaku Kepala Sekolah Menengah. Serta tidak lupa, antusias dari puluhan siswa dalam menerima ilmu yang berkaitan dengan Penerapan dan Perlindungan Hukum Terhadap Kekerasan Anak. (*)