Tugu Pamulang Diresmikan Gubernur Banten, Begini Respon Masyarakat

13
Gubernur Banten WH saat meresmikan Tugu Pamulang, Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Banten. Sabtu (8/1/2022)

    
SERANG – Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH) meresmikan secara langsung Tugu Pamulang, Sabtu (8/1/2022) di lokasi Tugu Pamulang, Tangerang Selatan. Warga Tangerang Selatan menyambut antusias peresmian tersebut.
   
Rahmat (58 tahun) Ketua RW 03 Kel. Pamulang Barat Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan mengatakan,  keberadaaan Tugu Pamulang turut memperindah suasana Kota Tangerang Selatan, khususnya Kecamatan Pamulang. Dirinya mengaku bangga atas berdirinya Tugu Pamulang saat ini. “Tugunya bagus dan akan memperindah suasana kota,” kata Rahmat.
    
Ungkapan senada disampaikan Rahmat Firdaus, Ketua Pimpinan Cabang Fahmi Tamami Forum Silaturahmi Takmir Masjid dan Musholla Indonesia Kota Tangerang Selatan. Menurut Firdaus, dirinya dan masyarakat Tangerang Selatan merasa bersyukur dan gembira atas pembangunan Tugu Pamulang. Dan, dirinya siap merawat dan menjaga keberadaan tugu tersebut. “Kami akan merawat dan menjaganya dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab,” katanya.

BACA JUGA : Soal Dugaan Kasus Korupsi Pemberian Kredit, Kejari Cilegon Sita Tiga Koper Dokumen dari BPRS Cilegon Mandiri
    
Sementara itu, tokoh masyarakat Kecamatan Pamulang M. Nasir (72 tahun) mengatakan Tugu Pamulang akan menjadi icon atau simbol Kota Tangerang Selatan. “Kami bangga atas tugu tersebut,” kata Nasir yang juga mantan Camat Pamulang Kota sewaktu masih termasuk wilayah Kab. Tangerang.
    
Menurutnya, tugu yang menjadi pertemuan arah perjalanan tiga Provinsi, yaitu Banten, Jawa Barat, dan DKI Jakarta tersebut memiliki dampak dalam ketertiban lalu lintas yang sebelumnya semrawut. “putaran tugu menyebabkan lalu lintas menjadi lebih tertib,” katanya.
 
Nasir juga apresiasi kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten yang sudah merespon dengan cepat keinginan masyarakat Tangerang Selatan untuk memperbaiki Tugu Pamulang yang sebelumnya menuai kontroversi. “Pembangunan Tugu Pamulang ini sangat aspiratif,” katanya.
    
Sebagaimana diketahui, di lokasi yang sama sudah berdiri Tugu Pamulang yang menjadi kontroversi. Masyarakat menilai tugu tersebut tidak layak. Untuk itu, masyarakat meminta Pemprov Banten untuk memperbaiki tugu tersebut. Gayung bersambut, Gubernur WH mengadakan sayembara desain Tugu Pamulang dan membangunnya kembali dengan desain juara sayembara tersebut.***