Selasa, 21 Mei 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Trafik XL Axiata di Banten Naik 30 Persen Selama Libur Lebaran 2024

Redaksi

| 21 April 2024

| 10:41 WIB

Teknisi XL Axiata tengah melakukan pemeliharaan perangkat BTS (Base Transceiver Station) di sebuah tower di Kawasan Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (26/3). Foto: XL Axiata For EKBISBANTEN.COM

SERANG, EKBISBANTEN.COM – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, antara 4 April 2024 – 14 April 2024 di Jabodetabek dan Banten.

Data dari Customer Experience & Service Operation Center yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta, menunjukkan terjadinya penurunan trafik layanan data secara rata-rata di seluruh Jabodetabek dan Banten sebesar 7 persen dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadan. Lonjakan trafik tertinggi terjadi di Pandeglang, Banten yaitu mencapai 30 persen.

Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dan berlibur merayakan Lebaran.

Seperti yang sudah kami prediksi, pada masa liburan kali ini, terjadi kenaikan trafik data yang cukup signifikan, di mana akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan. Kenaikan trafik secara keseluruhan mencapai lebih dari 16 persen. Selain itu, kami juga bisa melihat data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis,” kata Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dalam keterangan tertulis, Jumat (19/4/2024).

Sementara itu, Group Head XL Axiata area Jabodetabek dan Banten, Rd. Sofia Purbayanti, mengatakan, dinamika trafik data di Jabodetabek saat Lebaran selalu unik karena jutaan warganya mengisi liburan Lebaran di kampung halaman di luar daerah.

“Karena itu tidak mengherankan di sejumlah area trafik mengalami penurunan dibandingkan hari-hari normal, terutama DKI Jakarta dan area perkotaan lainnya. Sepanjang masa libur kemarin kami juga mampu menjaga kualitas jaringan. Hampir tidak ada laporan terjadinya gangguan jaringan. Kami senang bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan,” katanya.

Kenaikan/turun trafik XL Axiata tertinggi di wilayah Jabodetabek selama periode Lebaran 2024 terjadi di:

  1. Kab. Kepulauan Seribu, naik sebesar 12persen
  2. Kota Jakarta Selatan, turun sebesar 2 4persen
  3. Kota Jakarta Utara, turun sebesar 2 6persen
  4. Kota Jakarta Pusat, turun sebesar 29 persen
  5. Kota Jakarta Timur, turun sebesar 16 persen
  6. Kota Jakarta Barat, turun sebesar 25 persen

Berikut data kenaikan/penurunan trafik di Banten:

  1. Kab Pandeglang, naik sebesar 30 persen
  2. Kab Lebak, naik sebesar 27 perseb
  3. Kab Serang, naik sebesar 15 perseb
  4. Kota Serang, naik sebesar 1 persen
  5. Kota Tangerang, turun sebesar 17 persen
  6. Kota Tangerang Selatan, turun sebesar 15 perseb
  7. Kab Tangerang, turun sebesar 3 persen
  8. Kota Cilegon, turun sebesar 1 persen

Gede menambahkan, pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Scroll to Top