TPK Hotel Bintang di Banten Hingga Septemper 2020 Mencapai 37,97 Persen

37

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten mencatat tingkat hunian Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel bintang di Banten pada September 2020 mencapai
37,97 persen atau naik 1,92 poin dibanding bulan Agustus 2020.

Kepala Bidang Statistik Produksi BPS Banten Hariyanto mengatakan, peningkatan ini disebabkan karena aktivitas masyarakat lebih banyak dilakukan diluar rumah dengan adanya aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang ditetapkan pemerintah.

“Hampir semua kelas hotel berbintang meningkat, kecuali hotel bintang dua dan hotel bintang lima yang masing-masing turun sebesar 0,13 poin dan 18,19 poin,” kata Hariyanto dalam rilis resmi berita BPS yang dilakukan secara virtual, Senin (2/11).

BPS Banten juga memprediksi hingga akhir tahun nanti diperkirakan TPK akan mengalami peningkatan disebabkan hotel di Banten sudah membuka agenda pemerintahan maupun acara pernikahan.

“Prediksi TPK satu bulan ke depan diperkirakan akan mengalami kenaikan karena adanya libur panjang hari raya Maulid Nabi di bulan Oktober,” jelas Hariyanto.

Kendati demikian, Rata-rata Lama Menginap Tamu (RLMT) pada bulan September 2020 mengalami fluktusi yang relatif stabil, yakni turun dari 1,39 hari menjadi 1,38 hari. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun sebelum nya sebesar 1,18 hari.

“Pengunjung didominasi oleh wisatawan lokal, dan akan terus meninkat sejalan dengan TPK pada bulan Oktober 2020,” pungkas Hariyanto. (Raden)