Tips Menjaga Stamina dan Kesehatan Saat Memasuki Musim Penghujan

47
Foto: instagram @evy.sew

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Pergantian musim panas ke musim penghujan seringkali berdampak pada kondisi fisik dan kesehatan badan.

Hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kebugaran tubuh saat beraktivitas yakni bisa dengan cara menjaga pola konsumi makanan dan berolahraga secara rutin.

Berikut ini beberapa tips dari Kepala Chef Hotel Horison Altama Pandeglang Jimmy Setiawan, saat wawancara khusus bersama Ekbisbanten.com.

  1. Membuat Minuman Hangat
Foto: Jpnn

Untuk menjaga tubuh tetap hangat, dianjurkan untuk membuat minuman hangat yang terbuat dari bahan yang mudah didapatkan seperti air rebusan jahe atau teh hangat. Hal ini bisa dilakulan baik ketika hendak beraktivitas maupun setelah selesai bekerja seharian.

  1. Menghidangkan Makanan Berkuah
foto instagram @Houtescuisines

Bagi ibu rumah tangga bisa menambah menu makanan yang berkuah seperti soup, bakso, opor, soto atau sayur-sayuran. Selain menjaga kondisi tubuh makanan ini akan terasa nikmat jika disantap saat musim hujan.

Selain itu, kurangi menghidangkan makanan kering dan pedas, karena akan membuat tenggorokan terasa panas. Pasalnya aktivitas dengan menggunakan masker ditengah pandemi harus tetap menjaga kelembaban area mulut dan tenggorokan. Jadi bisa dengan menghidangkan makanan yang berkuah dan segar.

  1. Berolahraga Setiap Pagi
foto: @horisonaltamapandeglang

Sebelum memulai aktivitas usahakan melakukan olahraga seperti senam atau pemanasan ringan selama 15 menit di pagi hari. Hal ini tentu akan menambah konsentrasi dan menambah imun kepada tubuh.

  1. Hindari Minuman Dingin
foto @horisonultimaratu

Untuk menjaga tubuh selalu fit selama musim hujan, harus menghindari minuman yang dingin. Hal ini tentu akan berdampak pada ketahanan tubuh karena disitusi luar yang dingin seharusnya didalam tubuh harus tetap hangat.

Jika kondisi fisik lemah akibatknya badan akan terkena flu dan demam. Jadi tidak dianjurkan minum air yang dingin saat musim hujan.

Nah, itulah beberapa tips menjaga kebugaran selama musim penghujan, semoga bermanfaat. (Raden)