Tips Memasak Nasi Goreng Ala Resto

27
Nasi Goreng
(Foto: pergikuliner.com).

EKBISBANTEN.COM – Nasi goreng adalah menu makan pagi andalan para ibu-ibu. Karena sangat mudah diolah, nasi goreng beserta lauk-pauknya juga bisa memberi nutrisi yang cukup bagi kebutuhan tubuh.

Meski olahan ini mudah, tetapi tetap saja olahan rumahan terkadang kurang istimewa dibanding olahan ala-ala chef restoran dan hotel-hotel berbintang.

Meskipun yang digunakan sudah persis sama, begitu juga bumbu-bumbu rempah yang ditaburkan. Jadi Apa yang membedakan?

Untuk keluarga yang ada di rumah, nasi goreng yang sempurna, ternyata ada beberapa tips masak yang khusus. Melansir dari Serious Eats, berikut ini adalah tips olahan nasi goreng yang di buat ala chef restoran:

  1. Gunakan beras yang tepat

Nasi goreng yang sempurna bertekstur pas, tidak terlalu lembek dan tidak terlalu garing atau kering.

Untuk mendapatkan tekstur yang pas, gunakan beras yang tepat dan diolah dengan cara yang benar pula.

Olahlah beras yang ketika dimasak bulir nasinya bisa terpisah satu sama lain dan tak lengket, namun juga masih bisa menempel tidak terlalu kering sehingga bisa diambil menggunakan sumpit

  1. Cuci beras dengan bersih

Proses pencucian beras mempengaruhi proses penggumpalan nasi yang matang. Ketika masih ada sisa tepung yang melekat di beras, maka nasi akan semakin lengket.

  1. Bisa gunakan nasi sisa kemarin

Nasi sisa ini biasanya memiliki tekstur yang lebih kering sehingga tak terlalu lembek layaknya nasi baru.

Ketika beras dimasak dan matang, beberapa proses terjadi. Pertama akan terjadi penguapan, sehingga nasi menjadi makin kering dari waktu ke waktu.

Yang kedua akan terjadi retrogradasi, di mana pati gelatin yang telah matang akan mengkristal ketika dingin. Hal inilah yang membuat beras semakin berkurang kelengketannya.

Nah ketika Anda tak memiliki nasi sisa hari sebelumnya, Anda bisa menggunakan nasi baru yang diolah dengan cara tertentu.

Letakkan nasi di baki lebar dan tempatkan di bawah kipas angin selama 30 hingga 60 menit. Angin dan udara di suhu ruang akan membantu mengeringkan nasi yang ada.

Jangan memasukkan nasi ke dalam kulkas, karena proses penguapan air justru akan terhalang oleh suhu dingin. Imbasnya nasi tak akan memiliki tekstur sempurna ketika digoreng.

  1. Gunakan wok

Wok adalah wajan yang tepat untuk membuat nasi goreng. Karena bentuknya yang melengkung, membuat wok memiliki permukaan dengan tingkat suhu yang berbeda-beda.

Hal ini bisa menguntungkan, karena Anda jadi bisa menyisihkan sebagian bumbu ke pinggir ketika Anda akan menambahkan bumbu baru.

  1. Jaga suhu tetap panas

Pastikan wajan sudah panas benar sebelum Anda memasukkan nasi ke dalamnya. Dan masukkan nasi dalam takaran yang pas, jangan terlalu banyak.

Jika Anda menggunakan daging, pastikan daging sudah setengah matang sebelum nasi dimasukkan. Setelah itu baru aduk semuanya hingga semua bahan matang bersamaan.

  1. Jangan terlalu banyak saus

Terlalu banyak saus hanya akan membuat tekstur nasi yang sudah sempurna menjadi terlalu lembek.
Jadi pilih saja saus terbaik, entah saus tiram, saus hoisin, kecap asin, minyak wijen dan masih banyak lagi.

Untuk mengasinkan nasi goreng, lebih baik menggunakan garam dan bukan kecap asin. Garam bisa mengasinkan sajian tanpa menjadikannya terlalu lembab karena mengandung banyak air.

Setelah semua kondimen masuk ke dalam wajan termasuk sayuran, aduk-aduk terus nasi hingga semua bahan nampak terpisah satu sama lain alias tidak saling lengket. Baru kemudian, angkat nasi goreng dari wajan dan sajikan di piring makan.

Itulah tips memasak nasi goreng ala restoran. Semoga bermanfaat ya.***