Tips Aman Bertransaksi Digital

74


JAKARTA, EKBISBANTEN.COM – Selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) nasabah perbankan cenderung menggunakan layanan digital. Selain menghindari adanya kerumunan, layanan digital juga dapat mempercepat segala transaksi. Meskipun memberikan kemudahan, keamanan selama bertransaksi pun harus menjadi proritas.

Berikut adalah sejumlah tips dari perbankan untuk menjaga nasabah dari tindakan kriminal.

1. Jaga Data Pribadi

Lewat laman sosial medianya, Bank Mandiri menganjurkan nasabah untuk menjaga kerahasiaan PIN, User Id, CVV, OTP, maupun data pribadi kartu debit maupun kartu kredit.

2. Selalu Cek Keamanan ATM Sebelum Bertransaksi

Bank Mandiri juga mengimbau nasabah untuk melakukan pemeriksaan keamanan saat kartu ATM dimasukkan. Pastikan tidak ada kamera yang terpasang di bagian atas PIN pada ATM. Bila kartu sudah dimasukkan, segera batalkan transaksi. Pastikan hanya menghubungi Mandiri Call 14000 jika memerlukan bantuan.

3. Lindungi OTP dan Update Nomor Ponsel

Bank BNI, lewat sosial medianya, juga mengimbau nasabah untuk tidak memberikan kode one time password (OTP) sembarangan. Nasabaj juga diminta untuk selalu update nomor Handphone terbaru ke Bank Penerbit Kartu Kredit agar terhindar dari tagihan-tagihan Kartu Kredit yang tidak diinginkan.


Sumber: Bisnis.com