Rabu, 22 Mei 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi, Ini yang Dilakukan XL Axiata

Esih Yuliasari

| 30 Maret 2024

| 19:00 WIB

XL Axiata
Direktur & Chief Technology Officer (CTO) XL Axiata, I Gede Darmayusa (kiri), meninjau BTS yang sudah terintegrasi dengan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu di Gorontalo, Rabu (27/03). (FOTO: DOK. XL AXIATA).

EKBISBANTEN.COM – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan beroperasinya jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo-Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di seluruh Sulawesi dan mendukung layanan internet rumah. Dalam pembangunan jaringan tulang punggung ini, XL Axiata bekerja sama dengan PT Alita Praya Mitra.

Direktur & Chief Technology Officer (CTO) XL Axiata, I Gede Darmayusa dan Direktur Utama PT Alita Praya Mitra, Teguh Prasetya meninjau langsung ke lokasi keberadaan infrastruktur backbone tersebut di Desa Isimu Raya, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Rabu (27/3).

Jaringan backbone Gorontalo-Palu yang menghubungkan dua provinsi di Sulawesi ini mulai dibangun pada tahun 2023. Jaringan ini memiliki keunggulan untuk memberikan proteksi guna memenuhi semua kebutuhan kapasitas dan meningkatkan kehandalan yang dibutuhkan oleh Masyarakat di Sulawesi.

I Gede Darmayusa mengungkapkan sangat penting keberadaan akses internet yang merata di Indonesia dalam mendukung program inklusi akses internet.

Di era serba digital ini, lanjutnya, penyediaan infrastruktur penunjang layanan digital menjadi sangat urgen untuk dibangun hingga ke pelosok daerah agar kualitas layanan ke masyarakat juga maksimal.

“XL Axiata berkomitmen untuk memberikan layanan telekomunikasi yang terbaik bagi pelanggannya, salah satunya dengan jaringan backbone lintas provinsi sepanjang 1.150 km dari Kabupaten Gorontalo hingga ke Palu di Sulawesi Tengah,” jelasnya.

Gede menambahkan, keberadaan backbone jaringan fiber optic Gorontalo-Palu ini akan memperkuat infrastruktur jaringan yang sudah ada di Sulawesi, termasuk untuk kebutuhan perluasan ke area baru, maupun untuk meningkatkan kualitas jaringan yang sudah ada.

“Backbone fiber optic ini juga akan membantu memperkuat upaya XL Axiata untuk mendorong penetrasi layanan Fixed Broadband (FBB) dan juga Fixed Mobile Convergence (FMC) serta melayani kebutuhan pasar korporasi di wilayah Sulawesi dengan kualitas pengalaman jaringan yang lebih baik,” terangnya.

“Hal ini juga selaras dengan fokus perusahaan untuk terus memperluas bisnis layanan konvergensi di berbagai wilayah di Indonesia serta mendukung pemerintah dalam pemerataan penyediaan layanan Internet cepat bagi Masyarakat,” sambung Gede.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Scroll to Top